Nikmatnya minum di Kadai Kawa Biaro

Wisata Kulier Sumatra Barat.

Uniknya Minuman Kawa
Kawa adalah sebuah nama minuman yang khas dari sumatra barat, nama kawa ini berasal dari bahasa arab yaitu "kahwa" yang berarti Kopi. Boleh jadi kadai kawa dapat diartikan sebagai kedai tempat minum kopi ataupun kedai untuk tempat beristirahat.

Bahan Dasar dan Cara Pembuatan Minuman Kawa
Uniknya kopi disini bukanlah kopi yang biasa kita dapati, tetapi kopi ini dibuat dari daun kopi yang dipanasakan dengan asap (disalai), hingga menghitam, dan tercium aroma yang nikmat dari Daun kawa (Daun Kopi) tersebut. Dan setelah melalui berbagai proses Daun kopi yang telah disalai tadi di rebus dengan Air panas. Air dari rebusan daun kopi tadilah yang dinamakan dengan "Aia Kawa", dan di dalam bahasa minang kopi dan kawa tersebut berbeda.

Selain Cara pembuatan dan bahan dasar Aia Kawa, yang unik disini adalah tempat minum dari Aia Kawa, sebagai pengganti gelas. Tempat minum kedai Kawa Biasanya terbuat dari tempurung kelapa yang dibelah dan didesain supaya menarik, atau yang dinamakan dengan "Galuak"

Inilah kunjungan saya ke Kadai kawa biaro, di Kadai kawa Biaro ini sangat Ramai dikunjungi pada sore hari hingga malam hari, para pengunjungnya kebanyakan dari pelajar dan mahasiswa yang ada di Kota Bukittinggi dan Sebagian dari Agam timur. Selain itu ada juga pengunjung yang berasal dari luar daerah seperti dari Medan, Pekanbaru, bahkan ada yang dari luar Negri.

Harga yang di yang di Patok di Kedai Kawa ini adalah Rp. 2.000,- untuk Kawa Biasa, dan Rp. 5.000,- untuk Kawa Susu, Rp. 6.000,- Untuk Kawa Telur. Untuk menemani Kawa Tersebut ada juga Gorengan dan Bika yang murah meriah yang Harganya Rp. 1.000,- dan Rp. 1.500,-. Harga tersebut merupakan sewaktu kami berkunjung pada akhir tahun 2015.

Alamat Kadai Kawa Biaro :
Jl. Bukittinggi - Payakumbuh, Tanjung Alam.

Jika dari Pekanbaru ke Bukittinggi anda akan melewati Kadai Kawa Biaro tersebut.
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru