Lembah Kura-kura di Lereng Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yang merupakan Gunung berapi tertinggi di Indonesia tersebut, ternyata tidak hanya menyimpan kekayaan alam berupa tumbuh-tumbuhan, tetapi Gunung Kerinci, juga memiliki aneka ragam Fauna, seperti fauna yang hidup di dua alam yaitu Kura-kura. Gunung Kerinci terletak di tiga provinsi yaitu Jambi, Bengkulu dan Provinsi Sumatra Barat.

Kura-kura di Lereng Gunung Kerinci ini hidup di Ketinggian 2.000 Meter dari permukaan laut. Penemuan Kura-kura lereng gunung Kerinci berawal perkumpulan Aktivis Pecinta Alam yang ada di daerah Sekitar yang dinamakan dengan Sekretariat Pecinta Alam (Sekber PA) Solok Selatan (SolSel). Menurut salah seorang Aktivis Pecinta Alam tersebut, Ia Menemukan Enam pasang kura-kura berukuran besar sedang berjalan beriring-iringan. Diperkirakan Kura-kura tersebut sedang musim kawin. Dan Lokasi Tempat di temukannya Kura-kura tersebut akan dinamakan dengan Lembah Kura-kura Gunung Kerinci.

Saat itu Sekber PA Solsel sedang melakukan Expedisi pembukaan Jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan, dan Alhamdulillah Pembukaan Jalur tersebut sukses dan tidak ada halangan yang signifikan. Mudah-mudahan saja Jalur tersebut dapat dimanfaatkan oleh para Pecinta Alam di seluruh Indonesia. Namun jalur Pendakian gunung Kerinci dari Solok selatan Tersebut belum diresmikan dan rencananya akan diresmikan secepatnya oleh Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.Bupati Muzni Zakaria akan mempersiapkan segala sesuatu untuk peresmian Jalur Pendakian gunung Kerinci Tersebut, dengan berkoordinasi dengan Pecinta Alam Sumbar.

Lembah kura-kura solok selatan
Travel Pekanbaru Solok Selatan
Jalur Baru Gunung Kerinci Sumbar
Sumber : https://harianhaluan.com/news/detail/51106/lembah-kurakura-dukung-pariwisata-solsel

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru