5 Tempat Wisata di Kota Pekanbaru - Riau


5 Objek Wisata di Pekanbaru

Kota Pekanbaru saat ini telah mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Sungai Duku dan Pelita Pantai. Semua itu dapat mendukung destinasi wisata yang ada di Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau. 
Berikut adalah 6  Objek Wisata yang  ada di Kota Pekanbaru :

1. Wisata Keluarga LABERSA Riau Fantasi di Pekanbaru

Riau fantasi wahana terlengkap dan paling besar di Sumatra dan merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang paling terkenal. Riau Fantasi ini disebut juga dengan Wisata LABERSA. Riau fantasi menjadi destinasi wisata favorit anak-anak dan keluarga untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Labersa Water and Theme Park memiliki luas kurang lebih 6,5 Ha, Labersa ini memiliki beberapa jenis kolam dan papan seluncur air misalnya saja Adventure Pool. Ada juga sebuah ember raksasa menggantung yang mampu menampung 3.000 liter air dan siap mengguyur Anda saat telah terisi penuh. Selain itu, ada kolam dewasa dengan kedalaman 1,5 meter dan kolam anak dengan kedalaman 30 cm dilengkapi pancuran air untuk bermain.

Disini Juga ada area permainan, Anda bisa mencoba komedi putar dan kereta wisata. Fasilitas pendukung di tempat wisata ini selain mushola, toilet dan kafetaria adalah gazebo dan free WiFi.
 Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru.

2. Wisata Kebun Binatang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim berjarak 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Tempat rekreasi keluarga ini memiliki luas sekitar 10 ha dengan berbagai koleksi hewan seperti monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi.

 Selain mengamati koleksi binatang, ada arena bermain anak-anak seperti papan seluncur, ayunan dan juga kolam pancing dan kolam renang anak. Jika beruntung, Anda juga bisa naik gajah dengan biaya 10.000 Rupiah per 10 menit.


3. Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang di Pekanbaru

Taman Alam mayang adalah taman Rekreasi yang paling diminati oleh warga Kota Pekanbaru. Taman ini dikelilingi perbukitan, udara sekitarnya sejuk sehingga cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Taman alam mayang ini memiliki luas 24 hektar.

Di sini, terdapat tiga buah kolam pancing yang bisa digunakan untuk memuaskan kegemaran memancing Anda. Selain memancing, Anda bisa mencoba flying fox dan berbagai kegiatan outbound lainnya. Untuk kegiatan yang lebih santai, ada sepeda air dan bola air raksasa yang bisa Anda sewa.

Disini juga terdapat taman bermain anak dan studio film 3D. Ada juga topeng monyet dan pertunjukan sulap badut yang menghibur Anda dan keluarga.

4. Objek Wisata Religi Masjid Agung An Nur di Pekanbaru

Masjid An Nur Pekanbaru merupakan bangunan masjid yang sangat megah, dengan perpaduan gaya ala melayu, Arab, Turki dan India. Masjid An Nur ini sering disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Di depan masjid ini terdapat kolam dan lapangan untuk olahraga yang menambah keindahan masjid ini.

Pada malam hari, masjid tampak sangat cantik dengan cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Masjid terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau ini mampu menampung sebanyak 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An Nur memiliki 5 buah kubah dan empat menara.

Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Pada bulan ramadhan, kawasan masjid akan dijadikan lokasi ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian.

5. Tempat Wisata Edukasi Perpustakaan Soeman H.S di Pekanbaru

Perpustakaan Soeman H.S. berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Perpustakaan Soeman H.S terdiri dari enam lantai dan memiliki berbagai fasilitas pendukung mulai dari kafe, kantin, mushola, ruang pertemuan sampai auditorium. Ada juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu. Perpustakaan ini disebut memiliki koleksi literatur budaya Melayu terlengkap di Indonesia.

Uniknya, bangunan perpustakaan ini berbentuk seperti rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Perpustakaan ini tak hanya untuk orang dewasa. Di sini, ada Children Library dan Kids Corner yang sangat memanjakan anak-anak. Tak perlu memiliki kartu keanggotaan untuk bisa membaca koleksi buku di sini.

Perpustakaan buka setiap hari Senin – Jumat pada pukul 08:00 – 17:00 dan hari Sabtu – Minggu pada jam 09:00 – 14:00. Dan untuk masuk keperpustakaan ini tidak dipungut biaya.
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru