2 Objek Wisata Air Terjun Mempesona di Tembilahan

Tembilahan - Indragiri Hilir merupakan salah satu kabupaten yang ada di sebelah selatan Provinsi Riau, Daerah ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi. Jika naik Bus dari Kota Pekanbaru ke Tembilahan akan memakan waktu lebih kurang 7 Jam Perjalanan.  Tembilahan (Inhil) Terkenal dengan sebutan Negeri Seribu Parit. Karena di Kabupaten Inhil ini  terdapat banyak sekali Parit atau Sungai-sungai kecil yang sepanjang jalan menuju kesana.

Tentu saja dengan banyaknya sungai tersebut, beberapa diantaranya ada yang berasal dari Air terjun. Di tembilahan ini ada Air Terjun yang Terkenal yaitu :

1. Air Terjun Tembulun Rusa



Air Terjun ini berjarak lebih kurang 15 kilometer dari pusat kota Dabo Singkep. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini dari Desa Batu Ampar menelusuri jalan Lintas Timur menggunakan kendaraan roda empat, dilanjutkan dengan menelusuri jalan setapak, menempuh hutan berbukit-bukit sejauh lebih kurang 2 kilo meter. 

Tepatnya Air Terjun Tembulun Rusa terletak di sebelah utara Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Inhil. Memiliki ketinggian mencapai 18 meter, dengan kedalaman kolamnya sekitar 1,5 meter dan kemiringan 30 derajat. Menurut masyarakat setempat aliran air terjun ini berasal dari Sungai Ngibul dan bermuara ke hilir, tepatnya di Sungai Reteh.
  
Tidak hanya keindahan aliran airnya, disekitar air terjun ini, juga banyak terdapat batu yang dijadikan masyarakat sebagai batu akik, yang juga telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil sebagai batu akik khas Inhil, dan diberi nama sesuai nama air terjun tersebut Tembulun Rusa.

2. Air Terjun 86

Kenapa dinamakan Air Terjun 86..?
Terletak di selatan desa Batu Ampar, 4 km dari Selensen, ibu kota kecamatan Kemuning, dinamakan Air Terjun 86 karena lokasinya terletak di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera.

Air terjun yang memiliki tinggi 50 meter ini, dapat dicapai melalui perjalanan sejauh 14 km melewati jalan tanah dengan mengendarai sepeda motor atau jeep.Karena belum tersenutuh pembangunan, akses untuk menuju obyek wisata ini masih berupa jalan tanah, sehingga hanya dapat dicapai dengan kendaran roda dua atau kendaraan roda empat sejenis jeep.

Travel Pekanbaru Tembilahan
Travel Pekanbaru Rengat
Travel KIT

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru