Ngalau Sitapuang, Goa Tersembunyi di Kabupaten Tanah Datar

 PESONA GOA SITAPUANG - BATUSANGKAR

Goa dalam bahasa Minangkabau disebut juga dengan Ngalau. Seperti Ngalau Sitapuang yang ada di Nagari Lawang Mandahiliang, Kecamatan Salimpauang, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Nagari Mandahiliang ini terletak di antara Kota Bukittinggi dan Kota Batusangkar.

Jika anda ingin berkunjung ke Goa Sitapuang ini anda dapat melihat plak merk yang bertuliskan Nagari Lawang Mandahiliang, di Kecamatan Salimpauang. Dan dibawah plank Merk Tersebut anda dapat belok kiri untuk menuju nagari Mandahiliang, jika anda dari arah Kota Bukittinggi. Setelah sampai di Nagari Mandhiliang tersebut anda dapat bertanya kepada penduduk setempat mengenai Goa Sitapuang atau Ngalau Sitapuang. Sepanjang perjalanan menuju Goa Sitapuang ini anda akan disuguhi pemandangan Bukit-bukit yang saling bahu-membahu laksana barisan tentara yang berdiri tegap dan kokoh.

Ngalau Sitapuang ini memiliki keindahan yang sangat mempesona, sayang sekali jika anda pecinta Caving belum pernah menikmati keindahan Stalagmit dan Stalagtit yang ada di Goa Sitapuang ini. Goa Sitapuang ini Terdiri dari 2 buah Goa, Pertama Goa Sitapuang satu yang merupakan Goa Vertikal sedangkan ada Goa Sitapuang dua struktur Goa Horizontal.

Goa Sitapuag Satu memiliki kedalaman vertikal yang bertingkat, Pada pintu Goa kita akan langsung menggunakan tali-temali untuk menuruni Goa sedalam 10 meter. Selanjutnya horizontal sejauh 8 meter, dan turun tali lagi sedalam 17 meter. Kondisi di dalam Goa masih layak untuk manusia untuk menghirup oksigen yang cukup. Jadi total kedalaman Goa Sitapuang satu adalah 27 Meter.

Sedangkan Goa Sitapuang dua merupakan Goa Horizontal sejauh 500 meter, untuk mencapai pintu Goa Horizontal ini kita harus berjalan kaki, dan menuruni bukit. Dan di dasar bukit tersebut kita akan mendapati sungai yang berdampingan dengan pintu Goa Sitapuang dua. Di Dalam Goa Sitapuang dua ini ada sungai kecil yang mengalir, anda akan ditantang untuk merayap, karena harus melewati beberapa jalur yang sempit untuk mencapai TOP dari Goa Sitapuang dua ini.

Bagi yang ingin Caving di kedua Goa Sitapuang ini, anda harus mempersiapkan perlatan yang lengkap dan kemampuan dasar untuk menjelajahi Alam.

Salam Lestari..
Najim Jamarsingsia.



Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru