Cape Town, Muslim, dan Indonesia

Cape Town merupakan sebuah ibukota negara yang berada di selatan benua Afrika, negara tersebut adalah Afrika Selatan. Afrika selatan sangat dicintai oleh wisatawan karena di daerah ini terdapat berbagai jenis wisata alam. Salah satu wisata terkenal di Cape Town ini adalah Gunung Meja, Gunung yamg berbentuk meja, dan memiliki dataran di puncaknya sejauh 3 km.

Saat ini kita tidak akan membahas mengenai destinasi wisata yang ada di Afrika Selatan tersebut. adapaun yang ingin admin informasikan adalah keterkaitan Tiga Suku kata yang tertera pada judul diatas. Muslim di Cape Town Afrika Selatan merupakan kaum yang minoritas, hanya anya 1,5 persen dari seluruh populasi. Menjadi kaum minoritas disebuah negara sangat tidaklah mudah. Minoritas Muslim yang ada di Afrika selatan tersebut dapat menginspirasikan untuk membebaskan Afrika Selatan dari apartheid.

Tahukah anda.?
Kalau muslim masuk di afrika selatan berasal dari Ulama Indonesia..

Islam pertama kali masuk kota Cape Tow, Afrika Selatan ini pada pertengahan 1600-1700-an melalui para politikus maupun ulama yang dibuang oleh Belanda dari Indonesia dan Malaysia. Salah satu Ulama Indonesia yang mengajarkan Islam di Afrika adalah, Syekh Yusuf, beliau adalah keponakan Raja Gowa yang di buang Belanda dan mendirikan Kampung Makassar.

Sebuah karya tulis bertajuk “Islamic History and Civilisation in South Africa: The Impact of Colonialism, Apartheid, and Democracy” yang dilansir di laman www.awqafsa.org.za menyebutkan soal peran Syekh Yusuf dari Makassar atau Abidin Tadia Tjoessop yang datang pada 1694 sebagai tahanan politik.

Tidak lama setelah itu datang juga Raja Tambora dari Jawa pada tahun 1697, sebagai tahanan yang diasingkan belanda ke Kota Ini dalam kondisi dibelenggu rantai. Raja Tambora adalah orang pertama yang menulis Alquran di Cape Town.

Ada juga tahanan yang datang dari negara tetangga Malaysia, Tuan Guru Imam Abdullah Kadi Abdus Salaam, yang datang pada 6 April 1780 menjadi Muslim pertama yang mendorong pembangunan masjid pertama di Cape Town. Hal ini karena sejak pertama kali kedatangan Muslim di kota ini belum ada satu masjid pun yang didirikan.


Sumber : www.republika.co.id 
Net TV

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru