Objek Wisata Danau Zambrud Siak

Danau Zambrud Siak adalah sebuah danau yang indah dan tentunya terletak di kabupaten Siak, Danau ini mengubah persepsi orang terhadap Objek Wisata di Kabupaten Siak. Awalnya orang hanya mengenal Istana Siak sekarang ada objek wisata lain di kabupaten Siak yang lebih menarik yaitu Danau Zambrus Siak. Danau ini terletak di Desa Zambrud, Kecamatan Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsis Riau.

Danau Zambrud ini terdiri dari dua buah Danau yaitu Danau Pulau Besar dengan luas 2.416 ha, dan Danau Bawah 360 ha. Walaupun danau ini memiliki nama masing-masing tapi danau ini lebih di kenal dengan Nama Danau Zambrud sebagai mana nama dari daerah danau ini.

Danau Zambrud ini berjarak 180 km dari ibukota provinsi Riau yaitu kota Pekanbaru, Danau ini dapat dijangkau dalam hitungan tiga jam melalui perjalanan darat dari Kota Pekanbaru dengan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada rute angkutan reguler ke kawasan tersebut, atau anda juga dapat mencarter mobil travel dari pekanbaru ke siak seperti yang tersedia di website ini.

Untuk menuju danau ini anda tidak dapat masuk dengan sembarangan, karena sekitar 35 kilometer dari kawasan inti, pengunjung diharuskan meminta izin masuk ke pengelola kawasan, yakni Badan Operasi Bersama (BOB) CPP Block yang merupakan perusahaan konsorsium PT Bumi Siak Pusako dengan PT Pertamina Hulu yang mengeksplorasi kandungan minyak di Zamrud. Karena berada dalam kawasan ladang minyak Zamrud yang dikelola PT Bumi Siak Pusako dan Pertamina Hulu.

Di kawasan Hutan Sekitar danau termasuk ke dalam kawasan konservasi lingkungan hidup, dan di daerah ini masih terdapat jenis satwa langka seperti ikan arwana emas (Schleropages formasus), ikan Balido, harimau sumatera (Pantheratigris sumatrensis), beruang merah (Helarctos malayanus), serta beraneka jenis ular.
Bahkan kicauan burung Serindit (Loriculus galgulus), yang menjadi ikon Provinsi Riau juga dapat ditemukan di kawasan ini.




Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru