Sebutan Kota Sagu dan Kota Kuda Besi

Kota Sagu dan Kuda Besi adalah sebutan untuk kota Selat Panjang. Kota ini merupapakn pecahan dari Kabupaten Bengkalis. Pada 19 Desember 2008 terbentuklah Kabupaten meranti dengan ibukotanya adalah Kota Selat Panjang.

Akses Menuju Kota Selat Panjang
Negri ini disebut dengan Kuda besi karena alat transportasi di kota ini memakai Becak dan Ojek untuk menyusuri sudut-sudut kota Selat panajng ini. Selain “jutaan” motor, kota ini juga sangat dikenal sebagai penghasil utama sagu. Jika ingin mencicipi brownies sagu, mampirlah ke kota ini.

Kota ini dapat ditempuh dalam tiga cara. Pertama, langsung dari Pekanbaru menggunakan perahu cepat berbadan lebar, dengan jarak tempuh 3 – 4 jam. Cara ke dua mengunakan kapal kayu yang membutuhkan waktu semalaman  menuju Pelabuhan laut Selatpanjang, atau bisa juga  lewat jalur darat menuju Buton, kemudian lanjut menggunakan perahu motor menuju Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang.

Mayoritas penduduk kota ini berasal dari etnis Tionghoa dan Suku Melayu Riau. Selain Brownis yang terbuat dari Sagu yang lezat tadi, Kuliner khas lainnya adalah mie atau kwetiau yang juga berbahan dasar sagu, lalu diberi tambahan udang, ikan teri, dan racikan bumbu khas Selatpanjang. 

Umumnya mie dan kwetiau disajikan sebagai menu sarapan. Untuk dapat menikmatinya, mampirlah ke pasar kota atau kedai pinggir jalan pada pagi hari di kota Selat Panjang. Sementara sore atau malam harinya, kita dapat mencicipi aneka seafood seperti Rama rama (kepiting) Lada hitam atau lobster bakar sembari menikmati suasana selat di malam hari.

Mari Berkunjung ke Kota Selat Panjang.
Travel Pekanbaru - Buton - Sl. Panjang - Tj. Balai Karimun
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru