Wisata Bakar Tongkang dan Keunikan Bagan Siapiapi

UNIKNYA KOTA BAGAN SIAPIAPI

Bagan Siapiapi merupakan salah satu kota yang memiliki potensi wisata, siapa yang tidak tahu dengan tradisi Bakar tongkang yang ada di Kota Bagan Siapiapi. Tradisi Bakar Tongkang di Bagan Siapiapi ini merupakan tradisi tahunan yang menarik wisatawan lokal dan luar negri mengunjungi kota yang satu ini. Wisatwan Luar yang banyak mnegunjungi kota ini berasal dari negara tetanggga seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Tiongkok Daratan dan lainnya.


Secara Geografis Bagan Siapiapi terletak di wilayah Provinsi Riau, Kabupaten Rokan hilir (Rohil). Di Kota Bagan Siapiapi ini bermuara salah satu sungai besar di Riau yaitu Sungai Rokan. Kota Bagan Siapiapi ini berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Utara. Banyak yang menyangka bahwa Kota Bagan Siapiapi ini berada di Kawasan Sumatra Utara.

Dari Kota Pekanbaru menuju kota Bagan Siapiapi inimemiliki waktu tempuh sekitar 6 Jam Perjalanan memakai mobil. Dua Kota Terdekat dari Kota Bagan Siapiapi adalah kota Duri (Mandau) dan Kota Dumai. dari Kota Duri ke Bagan Siapiapi berjarak 2,5 Jam Perjalanan Darat.

Tapi Tahukah anda keunikan Kota Bagan Siapiapi..?

Keunikan yang pertama.
Bangunan di Kota Bagan Siapiapi ini bercrikan Kubah yang yang berbentuk setengah lingkaran tersebut. Biasanya Kubah disebagian Wilayah indoonesia merupakan pengganti atap untuk Masjid Tetapi Kubah di Kota Bagan Siapiapi ini dijadikan sebagai penutup bangunan-bangun besar yang berdiri ditengah-tengah Kota Bagan Siapiapi. Karena itu Kota ini dijuluki dengan kota seribu Kubah.

Keunikan yang Kedua.
Selain dijuluki dengan kota seribu Kubah kota Bagan Siapiapi ini juga dijuluki dengan kota Seribu Klenteng. Bagansiapiapi adalah kota yang memiliki budaya Tionghoa yang sangat kuat namun terasa cukup berbeda dengan suasana Tionghoa yang ada wilayah Indonesia lainnya seperti Pekanbaru, Medan, Semarang, Jakarta dsb. Kelenteng bertebaran banyak di kota ini, di setiap jalan hampir selalu ada kelenteng baik kelenteng marga maupun kelenteng untuk memuja dewa/dewi tertentu. Selain Kota Seribu Klenteng ada juga yang menyebutnya dengan Hongkong Van Andalas.



Travel Pekanbaru Dumai
Travel Pekanbaru Bagan Siapiapi


Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru