Objek Wisata Kincia Kamba Tigo Nagari Simawang

Kincia sejak dahulunya telah dimanfaatkan oleh masyarakat minangkabau sejak dahulu sebagai alat irigasi untuk mngairi sawah-sawah yang berada di ketinggian tertentu. Alat ini memiliki sumbu dan berputar untuk menaikan air ke atas sawah yang berada di pinggir sungai. Selain untuk irigasi kincia juga dimanfaatkan sebagai alat untuk menumbuk padi sebelum adalanya Heler mesin.

Nah, pada gambar yang terlihat diatas ini adalah kincia air yang terletak di Jorong Padang Data, di Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Yang unik dari Kincia Kamba Tigo ini adalah ukuranya yang besar dan tinggi sehingga bisa mengairi ladang dan sawah dengan ketinggian tertentu melebihi kincia yang selama ini ada di wilayah minangkabau.

Kincia ini dibuat permanen atas ide Pak Anwar yang asli putra dari nagari, yang pernah belajar ke Inggris.  Inspirasi tersebut didapat ketika di Inggris dan diwijudkan di kampung halaman, melalui kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah nagar.

Untuk pembiayaan pemerintah nagari memiliki donatur dari sumbangan Perantau Nagari Padang Data. Kincia ini dapat mengairi sawah pada ketinggian 128 dari dasar sungai batang ombilin, dengan jumlah debit air mencapai 25 kubik perhari. Sang pernacang kincia ini memperhitungkan jika ditambah 3 pompa lagi maka akan mencukupi kebutuhan pemungkiman dan persawahan di seluruh wilayah jorong Padang Data.

Kini kincia raksasa kamba tigo ini telah menjadi objek wisata para traveler yang ada di berbagai daerah, bahkan ada yang dari pekanbaru. Traveler tersebut mendapat informasi dari media internet dan jejaring sosial seperti Fcaebook, Instagram, Path dan lainya.


Akses ke Kincia Kamba Tigo
Akses Kincir Raksasa Kembar Tiga
Objek Wisata Batusangkar - Tanah Datar


Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru