4 Bangunan Candi di Dalam Candi Muara Takus

Empat Bangunan Candi di Dalam Candi Muara Takus


Candi Muara Takus Merupakan sebuah situs tertua yang ada di Pulau Sumatra. Candi ini terletak di pinggir sungai Kampar Kanan, tepatnya di kecamatan XII Koto, Kabupaten Kampar Provinsis Riau. Candi Muara Takus Merupakan Candi yang bersifat Budhis, yang menggambarkan bahwasanya di daerah ini pernah berkembang Agama Budha.

Candi ini diperkirakan dibuat antara Abada ke 4 sampai abad ke 9, namun candi ini telah ada sejaka zaman keemasan kerjaan Sriwijaya, Sehingga beberapa sejarahwan mengaangap candi ini merupakan bagian dari kerjaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang pada waktu itu.

Candi Muara Takus dibuat dari bahan Pasir, Batu Sungai, dan Batu Bata. Di kawasan Candi Muara Takus ini terdiri dari empat  bagian Candi yang pertama ada namanya Candi Tua, Candi Maigai, Candi Bungsu dan Candi  Palangka.

Akses Menuju Candi Muara Takus.
Candi Muara Takus dapat di akses dari kota Pekanbaru. Untuk menuju ke sana diperlukan fisik prima, sebab jalan yang akan dilalui cukup jauh, sekitar 128 km dari Pekanbaru. Perjalanan menuju candi muara takus sangat menarik kita akan disuguhi pemandangan yang indah. Sisi kiri dan kanan jalan penuh dengan tebing tinggi dan perbukitan, di bawah jalan kita lalui, di lembahnya terdapat hulu sungai kampar dengar airnya yang jernih, mengalir meliuk manja.

Wisma di sekitar Candi Muara Takus
Akses Candi Muara Takus dari Padang / Bukittinggi
Penginapan di Candi Muara Takus
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru