Objek Wisata Bersejarah Mesjid Sultan Riau Pulau Penyengat

Objek Wisata Bersejarah Pulau Penyengat 
Wisata Benteng Raja Ali Haji 
Mesjid Sultan Riau Pulau Penyengat 


Pulau Penyengat Merupakan salah satu pulau diantara 1795 pulau yang ada saat ini di Wilayah Kepulauan Riau. Pulau ini merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Kepulauan Riau. Selian pantainya yang indah di Pulau ini juga memiliki sejarah yang panjang tentang kesultanan Riau.

Konon Asal Muasal nama pulau penyengat ini adalah ketika banyaknya pelaut yang mengunjungi pulau ini untuk mendapatkan air bersih, ketika memasuki bibir pantai, para pelaut tersebut dihadang oleh sekawanan Lebah yang memiliki sengat, dan sejak itu binatang tersebut dikenal dengan nama penyengat dan pulau itu disebut dengan pulau penyengat.

Akses Menuju Pulau Penyengat
Pulau penyegat ini memiliki luas 240 Hektar dan berjarak 6 km dari ibukota Provinsi Kepri yaitu  Tanjung Pinang. Akses menuju pulau ini dapat diawali dari Pulau Tanjung Pinang, dengan menaiki perahu kecil yang lebih dikenal dengan sebutan Pompong.

Ketika memasuki Pulau Penyengat anda akan dihadapkan dengan Masjid Raya Sultan Riau yang megah. Masjid tua tersebut dibangun pada tahun 1832 Masehi, atas prakarsa yang di Pertuan Muda VII, Raja Abdul Rahman. Di Masjid tersebut tersimpan ratusan naskah Kuno beraksara Arab, Al-Quran Tulisan Tangan. Sayang sekali Naskah tersebut hanya sebagian yang dapat kita temui saat ini karena sudah hacur, diakibatkan suhu yang lembat.

Dari Masjid Raya Sultan Riau Tersebut anda dapat melanjutkan wisata sejarah dengan berziarah ke Makam raja-raja Kerajaan Riau-Lingga, diantaranya Makam Raja Ali Haji. Selanjutnya di Pulau Penyengat ini juga terdapat benteng-benteng yang dibangun pada 1782-1784 M. Ketika itu benteng dibangun pada zaman pemerintahan Raja Ali Haji untuk melawan Belanda.

Sumber Gambar : https://bujangmasjid.blogspot.co.id/
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Objek Wisata Bersejarah Mesjid Sultan Riau Pulau Penyengat"

Post a Comment