6 Kuliner Khas Bangka Belitung

6 Kuliner Khas Bangka Belitung


Berbicara soal makanan atau kuliner Indonesia memang tidak akan ada habisnya, hal ini dikarenakan Indonesia sendiri terdiri dari 35 Provinsi, yang mana dari setiap provinsi-provinsi tersebut memiliki ciri khas nya masing-masing, terutama soal makanan. Sebut saja kuliner khas bangka belitung terdapat makanan-makanan yang unik dan enak-enak yang wajib anda coba.

Dan berikut beberapa kuliner khas Bangka Belitung yang akan kami rekomendasikan untuk anda:

1. Rusip
Rusip ini adalah salah satu makanan yang ada di Bangka Belitung. Ada cerita unik di balik masakan ini. yang mana makanan ini sebenarnya merupakan hasil persilangan dari Budaya  Belitung dengan budaya Jawa. Salah satu bahan dalam pembuatan Rusip ini menggunakan bahan dari Jawa yaitu Gula Jawa ( Gula Aren). Selain itu proses pembuatannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melalui tahap fermentasi terlebih dulu. dan bahan utama dari masakan ini adalah Ikan teri, prose fermentasinya pun menggunakan pot atau guci kemudian di campur dengan gula jawa.

2. Lakso
lakso ini bentuknya seperti mie, namun yang membedakan dengan mie-mie diluaran sana adalah Lakso terbuat dari tepung beras, ladies. Tidak hanya itu biasanya mie dilengkapi dengan kuah dari daging sapi, sedangkan untuk lakso sendiri itu menggunakan kuah ikan dicampur dengan santan kelapa.

3. Kericu 
Kerincu merupakan olahan atau bisa juga cemilan ringan yang terbuat dari telur cumi-cumi kemudian ditambahkan dengan tepung sagu, diberi bumbu khas Bangka belitung. Lalu adonan kerincu tersebut di bentuk, lalu di goreng sampai kering.

4. Lempah
Lempah hampir sama dengan lakso, yaitu masakan berkuah dan biasanya lempah juga menggunakan kuah ikan atau kadang-kadang juga menggunakan kuah daging sapi dengan rasa rempah-rempah khas Bangka Belitung yang aromanya sangat kuat.  Lempah bisa di kreasikan dengan beberapa jenis dan bahan, ada lempah kuning yang bahan utamanya itu ada nanas dan kunyit sebagai bumbunya. Kemudian ada lempah darat, lempah darat ini memadukan beberapa jenis sayuran hijau dan kacangan-kacanagan. Dll.

5. Pentiaw
Pentiaw terbuat dari sagu dan tepung beras, yang kemudian di bentuk seperti kkwetiaw atau mie. Pentiaw sendiri itu merupakan makanan berkuah dengan bumbu-bumbu yang biasa digunakan pada mie bakso, yaitu bawang merah, bawang putih, seledri, dan tauge.

6. Balacan 
Balacan sama seperti terasi Cirebon, Balacan juga terbuat dari udang yang difermentasikan, wanginya yang khas. Seperti terasi pada umumnya Balcan juga bisa di buat sebagai sambel kemudian di beri cabai, bawang, dan bumbu pelengkap lainnya.

Demikian itulah 6 kuliner khas Bangka Belitung  Yang wajib anda coba saat berkunjung atau sekedar Mampir Ke Bangka Belitung. jangan lupa bawa Oleh-oleh khas Bangka Belitung untuk sanak keluarga dan Sahabat.

Wisata Kuliner Bangka Belitung, Bus Pariwisata Bangka Belitung
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "6 Kuliner Khas Bangka Belitung"

Post a Comment