Profil Kabupaten Indragiri Hilir - Tembilahan

Profil Kabupaten Indragiri Hilir
Wisata Tembilahan Inhil


Sebelum termasuk kedalam salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau, Kabupaten Indragiri Hilir sebelumnya memiliki latar belakang sejarah yang cukup panjang, yaitu mulai dari periode sebelum kemerdekaan, lalu berlanjut kemerdekaan Republik Indonesia hingga saat ini,telah  mengalami beberapa perubahan. Yang awalnya yaitu sekitar tahun 1298 indragiri ini adalah sebuah kerajaan yang berada di Malaka. Kemudian pada tahun 1815 ibukota dari kerajaan Indragiri ini dipindahkan ke Rengat.

Dengan seiring berjalannya waktu, setelah mendapatkan beberapa peristiwa mulai dari masa penjajahan Belanda hingga Penjajahan Jepang, yang pada akhirmya Indonesia meraih kemerdekaaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indragiri hilir dan indragiri Hulu masih dalam satu kabupaten yaitu itu kabupaten Indragiri dan terdiri dari dari 3 kewedaan yaitu kewedaan kuantan singingi dengan ibukotanya Teluk Kuantan, kewedaan indragiri hulu dengan ibukotanya rengat, dan kewedaan indragiiri hilir dengan ibukotanya Tembilahan.

Lalu pada tahun 1965 Kabupaten Indragiiri dimekarkan Menjadi dua Kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir hal ini berdasarkan UU No. 6 tahun 1965.  Namun selang beberapa Tahun Indragiri Hulu kembali mengalami pemekaran menjadi dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu.

Travel Pekanbaru Rengat Tembilahan 

Sedangkan untuk Kabupaten Indragiri Hilir dengan ibukotanya Tembilahan yang memiliki luas wialyah sekitar 11.606 km2, yang terdiri dari 20 kecamatan dan 198 desa dan 38 kelurahan, dengan populasi 685.530 jiwa.  Dengan tersedianya sumber daya alam yang melimpah serta letak geografisnya yang strategis, menjadikan kabupaten Hilir ini sebagai salah satu pusat pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau.

Penghasilan terbesar dari Kabupaten Indragiri Hilir ini yaitu dari hasil perkebunana kelapa, yang mana perkebunan kelapa disini merupakan perkebunan kelapa yang terluas di Dunia. dan selain penghasilan dari perkebunan kelapa, warga sekitar juga mengembangakan usaha ternak Sapi, Kambing, Domba dan Ayam, bahkan kawasan peternakan ini memiliki kawasan yang cukup luas. Tidak hanya itu Kabupaten Indragiri Hilir juga memiliki pusat pertambangan, seperti batubara, granit, pasir, kaolin, minyak bumi, gas, dll.

Sejak zaman kerajaan Indraagiri hingga sampai dengan sekarang ini terdapat beberapa makanan khas dari Indargiri hilir, seperti Bolu Berendam, Ayam Merah, nasi samin, laksa, tapai hijau, ampalang udang, dan masih banyak lagi olahan makanan khas indragiri hilir lainnya.

Tak mau kalah dengan tetangganya kabupaten indragiri hulu dan kabupaten pelalawan, Kabupaten Indragiri hilir juga memiliki tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik dari kedua kabupaten tersebut. dan semoga objek wisata yang ada di indragiri hilir ini bisa dijadikan referensi anda untuk berlibur di akhir pekan. Yuk simak ulasannya sebagi berikut:

Agrowisata Indragiri Hilir
Tempat wisata pertama yaitu Agrowisata Indragiri Hilir yang letaknya berada di diseluruh kawasan indragilir hilir. Ditempat ini anda bisa melihat perekbunan kelapa hibrida dan perkebunan nanas yang sangat luas. Bahkan jika anda beruntung dan kebetulan perkebunan tersebut sedang panen anda bisa ikutan memetik buah kelapa dan nanasnya.

Bukit Berbunga Indragiri Hilir
Bukit ini berada di Desa Batu Ampar, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 150 mdpl. Untuk mencapai puncak bukitnya anda harus menempuh perjalanan yang cukup terjang dan hanya bisa dilewati dnegan jalan setapak saja. selama perjalanan anda akan melewati dua buah sungai yang mengalir di tengah hutan, dan sungai-sungai tersebut airnya sangat jernih dan bersih. Dan yang menarik dari Bukit ini adalah hamparan bunga manik yang memenuhi sepanjang lereng Bukit. Bahkan tanaman bunga manik ini tumbuh sepanjang musim

Pantai Solop Indragiri Hilir
Salah satu pantai yang terdapat di kabupaten Indragiri Hilir adalah Pantai Solop Indragiri Hilir. Pantai ini berlokasi di Pulau Cawan, kecamatan Mandah, kabupaten Indragiri hilir. Pasir putih yang menghiasai pessir pantai yang menambah keindahan dari pantai ini. selain itu pantai ini juga memiliki hamparan pohon bakau seluas 40 km2. Dan keindahan-keindahan itu sayang bila tidak diabadikan.

Air Terjun Tembulan Rusa
Selaian tempat wisata yang telah disebutkan diatas, indragiri hilir juga memiliki air terjun yang cukup terkenal yaitu bernama air terjun tembulan rusa. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 18 m dengan kedalamnya sekitar 1.5 m. air terjun ini berada dikawasan Desa Batu Ampar. Untuk sampai ketempat ini anda bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. kemudian disamping tebingnya tersebut terdapat bebatuan yang menyrupai tangga, jadi para pengunjung disana bisa menaiki tangga bebatuan tersebut untuk naik keatas puncak air terjun tembulan rusa.

Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari
Selain berwisata alam, para wisatawan juga bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi salah satu ulama besar di Indragiri yaitu makan Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari. Beliau merupakan salah satu ulama besar di Indragiri pada masa kerajaan indragiri dulu, beliau wafat pada tahun 1939. Makan ini berada di Parit Hidayat, Dusun Teluk Dlam, Kecamatan kuala indragiri, kabupaten indragiri hilir. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang sering mengunjungi makan syeikh abdurrahman ini tetapi dari beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan Thailand.

Dan bagi anda para wisatawan yang datang dari luar kota indragiri bisa menyewa tempat penginapan yang berada dikawasan indragiri, pasti banyak kok tempat penginapan yang menawarkan harga murah dengan fasilitas yang bagus.

Itulah beberapa informasi seputar kabupaten Indragiri Hilir yang bisa kami bagikan kepada anda. semoga bermanfaat dan semoga informasi diatas bisa menjadi referensi untuk anda.

Travel Hidayah 66 Pekanbaru Tembilahan
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Profil Kabupaten Indragiri Hilir - Tembilahan"

Post a Comment