12 Tempat Wisata Alam Terbaru Di Kampar

12 Tempat Wisata Alam Terbaru Di Kampar
Wisata Alam Baru di Kampar, Wisata Alam Puncak di daera Danau Byatan Kampar


Berbicara tentang Riau, nama Kampar sudah tidak asing lagi kita dengar, bukan. Kampar sangat kaya dengan wisata alamnya, setidaknya terdapat 12 lokasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke Kampar. Kampar sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Riau juga dikenal sebagai Serambi Mekkah. Yang unik disini tentunya adalah keberadaan Candi Muara Takus yang menjadi salah satu situs purbakala dari Kerajaan Sriwajaya. Wisata kebudayaan juga tidak ketinggalan seperti budaya Ma’awuo atau tradisi menangkap ikan bersama di sungai.

12 tempat wisata alam terbaru di Kampar yang Indah

1. Ulu Kasok
Berada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, lokasi wisata ini sekilas mirip sekali dengan Raja Ampat di Papua. Coba lihat sekilas foto foto yang banyak beredar tentang Ulu Kasok, pasti Anda juga akan mengira bahwa lokasi ini mirip sekali dengan Raja Ampat, bukan.
Jika Anda berkunjung ke Ulu Kasok, Anda akan mendapatkan paket wisata lengkap berupa wisata pulau Ulu Kasok, Puncak Ulu Kasok, dan Air Terjun Ulu Kasok. Untuk menikmatinya, Anda harus mendaki bukit terlebih dahulu.
Ulu Kasok dapat Anda tempuh dengan perjalanan selama 2 jam dari Ibu kota Prvinsi. Jangan khawatir, kepenatan Anda akan terbayar dengan melihat pemandangan eksotis dan menakjubkan hamparan pulau yang hijau dengan air waduk yang biru. Sangat cantik untuk Anda abadikan dengan kamera kesayangan Anda.

2. Green Canyon Gulamo
Green Canyon Gulamo ini sebenarnya adalah nama keren dari Sungai Gulamo. Sebutan green Canyon Gulamo ini diberikan karena memang wujud sungai ini yang sangat mirip dengan Green Canyon yang terdapat di Jawa Barat.
Apa yang dapat Anda nikmati disini? Tentunya adalah keindahan sungai yang berair hijau, berperahu diantara ngarai, dan terbing terjal. Sensasi keindahan Sungai Galamo tidak hanya dapat Anda saksikan saat berperahu di sungai tersebut. Sepanjang perjalanan menuju wisata ini Anda akan disuguhi pemandangan alam Waduk PLTA Koto yang sangat indah dan tak pernah membosankan.

3.Puncak Kompe
Masih berbicara tentang potensi wisata alam Kabupaten Kampar, Puncak Kompe adalah salah satunya. Dari atas puncak ini Anda akan disuguhi pemandangan eksotis layaknya Raja Ampat. Dari atas sini, Anda tidak bisa menyelam, akan tetapi Anda dapat menikmati keindahan pulau kecil yang berada disekeliling puncak.
Untuk spot foto, terdapat beberapa spot foto menarik yang dapat Anda coba. Misalnya dek sederhana hingga ayunan langit yang sangat menantang untuk Anda coba. Keindahan panorama dan hembusan angin akan semakin lengkap jika Anda nikmati dengan wisata kuliner pada Puncak Kombe. Beberapa menu kuliner yang ditawarkan disini seperti Ikan Baung asam pedas dan sop tumpang dari daging sapi. Disajikan saat masih hangat, akan cukup membuat liburan Anda semakin lengkap. Tertarik ke Puncak Kombe? Lokasinya cukup mudah untuk Anda cari. Cukup langsung saja menuju Jalan Lintas Sumbar, Koto Mesjid, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau

4. Sungai Kampar
Anda penyuka kegiatan berselancar? Sungai Kampar dapat menjadi alternatif yang pas untuk Anda menguji adrenalin dengan kegiatan berselancar. Sungai, tapi berombak? Yup, kadang kala sungai ini berombak yang cukup besar dan kuat untuk mengangkat papan selancar Anda. Orang Kampar sering menyebut fenomena ini dengan sebutan Bono.
Jadi, bagi Anda yang menginginkan sensasi berselancar di Sungai Kampar, datanglah saat bulan purnama atau setiap tanggal 10 – 20 dalam hitungan kalender arab. Sayangnya tidak setiap bulan terdapat fenomena ini, hanya terdapat pada bulan Agustus hingga Desember.

5. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
Wisata alam ketiga yang sangat indah di daerah Kampar adalah taman nasional Bukit Tiga Puluh yang memiliki luas 143.143 hektar dengan letaknya diantara Provinsi Riau dan Jambi. Taman nasional ini masih sangat alami dengan beragam flora dan fauna didalamnya seperti badak sumatera, gajah sumatera, orangutan sumatera,  beragam burung, beruang madu, dan tapir asia. Anda dapat menikmati taman nasionala dengan berjalan kaki, mobil offroad atau bisa juga melalui sungai. Terdapat pula air terjun ditengan kawasan hutan tersebut.
Yang paling membuat takjub adalah didalam kawasan hutan ini masih terdapat Orang Rimba dan Talang Mamak.


6. Rimbang Baling
Salah satu potensi wisata alam Kampar yang masih bisa Anda nikmati adalah hutan hujan tropis Rimbang Baling. Rimbang Baling masih cukup alami dengan hutan yang sangat rapat disekitarnya. Satwa langka mungkin saja Anda temui didalamnya, sehingga wisatawan akan merasakan ketenangan ketika berada di lokasi ini.
Selain berjalan jalan, disana Anda juga dapat merasakan sensasi arung jeram atau bahkan body rafting  yang dapat Anda lakukan disana mengikuti aliran Sungai Subayang. Keasrian dan kealamian Rimbang Baling akan membawa sensasi ketenangan yang luar biasa. Jika Anda takut melakukan arung jeram, Anda dapat menikmati Rimbang Baling dengan berjalan jalan disekitarnya, loh


7. Bukit Naang Bangkinang
Wisata alam ketujuh yang tidak hanya indah, akan tetapi sangat instagramable untuk Anda berswafoto adalah Bukit Naang Bangkinang. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah taman agrowisata yang memiliki banyak potensi wisata di dalamnya.
Berlokasi di Kabupaten Kampar, bukit Naang Bangkinang memiliki banyak wahana buatan seperti aneka outbond, air softgen, taman dan danau buatan. Bukit ini sangat asri karena dikelililing pepohonan yang cukup rapat, sehingga sangat cocok untuk Anda sekedar berefreshing bersama teman atau keluarga Anda.
Jika Anda menyukai kegiatan berfoto, terdapat banyak spot foto menarik yang dapat Anda coba. Misalnya spot jembatan drum yang terbuat dari kayu, spot foto saat naik flying fox dengan latar belakang langit nan biru. Jangan khawatir mengenai harga, karena harga masuk untuk Bukit Naang Bangkinang masih sangat terjangkau. Tuntaskan kepenatan Anda akan rutinitas kerja dengan berlibur Bukit Naang yang berada di Jalan Simpang Sei Jernih, Kelurahan Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Kampar.

8. Pantai Cinta Teluk Jering
Bosan dengan wisata alam berupa air terjun atau deretan hutan pinus? Kini saatnya Anda mencoba berwisata unik di Tuluk Jering. Nama Tuluk Jering sebenarnya adalah nama dari sebuah desa kecil yang berada pada tepi sungai Kampar.
Yang membuat desa Tuluk Jering ini unik adalah pemandangan eksotis dari pasir pasir ditepian sungai ini putih bersih layaknya pasir pantai. Sehingga banyak orang kemudian menyebutnya sebagai Pantai Cinta. Selain hamparan pasir putih, terdapat pula hamparan rumput hijau yang luas memanjakan mata Anda.
Jika Anda ingin berkunjung, segera saja kunjungi Pantai Cinta Teluk Jering, Teluk Kenidai, Tambang, Kabupaten Riau. Lokasi wisata ini sangat tepat untuk Anda nikmati bersama keluarga, karena tersedia spot foto menarik, lokasi berenang dan juga wahana banana boat jika Anda ingin menelusuri sungai Kampar.

9. Puncak Pukatan
Biasanya salah satu faktor yang menjadi daya tarik bagi Anda untuk berkunjung ke suatu lokasi wisata adalah keberadaan spot foto menarik. Tidak dipungkiri bahwa hampir setiap orang menyukai kegiatan foto, apalagi mengabadikan momen liburan bersama keluarga. Nah, salah satu wisata yang menyediakan wisata alam terbaru dan sangat instagramable adalah Puncak Pukatan. Lokasi wisata yang akhir akhir ini banyak digandrungi oleh wisatawan.
Obyek wisata pertama yang dapat Anda nikmati disini adalah Anda dapat menikmati keindahan alam yang dapat dilihat dari puncak Pukatan dengan naik sebuah gardu yang telah tersedia disana.
Setelah puas berfoto di gardu, Anda dapat mencoba spot foto yang lebih menantang. Yup, sebuah ayunan nirwana raksasa yang berada tepat diatas tebing curam. Spot foto ini ramai di minati, karena memang dapat memacu adrenalin dan juga hasilnya sangat instagenic untuk di upload pada akun instagram.

Jika Anda kesana hanya untuk sekedar melepas lelah, Anda dapat duduk duduk saja, menikmati sejuknya Puncak Pukatan sambil melihat luas dan indahnya Danau PLTA Koto Panjang.
Tertarik untuk berkunjung kesini? Segera saja menuju Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Riau. Tapi Anda harus tetap hati hati, karena rute yang harus Anda tempuh untuk sampai di Puncak Pukatan cukup terjal meskipun masih cukup aman untuk didaki.

10. Air Terjun Panisan
Lokasi alam kesepuluh yang patut Anda kunjungi adalah air terjun Panisan. Saat berkunjung kesini, Anda akan merasakan keindahan layaknya tempat wisata pribadi. Sepinya pengunjung dan asrinya lokasi sekitar air terjun akan membuat pikiran Anda segar seketika.

Terdapat 3 tingkatan di air terjun ini, yang masing masing memiliki ketinggian 25 meter, 30 meter dan tingkatan ketiga memiliki tinggi 7 meter. Untuk sampai ke lokasi Anda perlu naik perahu menyeberangi sungai Kampar, kemudian berjalan hingga 8 km melewati kebun karet dan hutan, sangat menantang bagi Anda yang menyukai petualangan seru bersama rekan Anda.

11. Sungai Hijau
Kampar memang sebuah kabupaten di Provinsi Riau yang menyimpan banyak keindahan alam didalamnya. Selain air terjun dan bukit bukit cantik, terdapat potensi wisata berupa sungai. Salah satu potensi wisata sungai yang patut Anda coba untuk datangi adalah Sungai Hijau.

Seperti namanya, Sungai Hijau ini memiliki warna air hijau dengan vegetasi alam yang indah disekitarnya. Selain Sungai Gulamo yang sangat indah bahkan mendapat julukan Green Cayon dari Kampar, Sungai Hijaupun tidak kalah cantik dan menarik.

Warna hijau pada sungai ini sebenarnya disebabkan oleh lumut dan gangang didalam air yang cukup banyak, namun air sungai tetap berwarna jernih. Kondisi air sungai yang jernih, serta dangkal sangat memungkinkan bagi Anda untuk sekedar bermain air dipinggir sungai dengan bebatuan yang terlihat dari dasar sungai.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan berfoto, Anda dapat coba menggunakan pelampung yang disewakan oleh warga sekitar. Selain itu, jika Anda ingin sekedar piknik bersama keluarga besar, Anda dapat langsung menyewa tikar dan siap untuk piknik di depan Sungai Hijau yang indah dan bersih. Jika Anda tertarik untuk mencoba wisata Sungai Hijau, Anda dapat langsung menuju Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar.

12. Air Terjun Batang Kapas
Air terjun ini merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang terdapat di Kampar. Dengan ketinggian terjunan air setinggi 150 meter, air terjun ini menyuguhkan panorama yang sangat indah. Apalagi disekelilingnya terdapat hamparan bebatuan putih yang semakin menampilkan kemegahan air terjun Batang Kapas. Istimewanya lagi, terdapat spot khusus yang memungkinkan bagi Anda untuk mendirikan tenda jika Anda ingin menikmati suasana air terjun Batang Kapas dengan camping dilokasi tersebut.

Itulah tadi 12 tempat wisata alam di Kampar yang dapat Anda masukkan kedalam daftar kunjungan Anda. Indah- indah bukan ke-12 lokasi wisata tersebut? Mari berlibur dan berwisata sambil tetap menjaga kelestarian alam Kampar nan eksotis!

Wisata Alam Daerah Bangkinang, Wisata Alam daerah Kabupaten Kampar

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "12 Tempat Wisata Alam Terbaru Di Kampar"

Post a Comment