23 Wisata Wajib Kamu Kunjungi Berada di Kota Pekanbaru Riau

22 Wisata Wajib Kamu Kunjungi Berada di 
Kota Pekanbaru Riau
Tempat Wisata di Kota Pekanbaru, Wisata Riau



Pekanbaru adalah ibukota Provinsi Riau yang tentunya menjadi kota terbesar di daerah itu. Terdapat banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi disana mulai dari wisata alam, dan wisata buatan yang dapat Anda nikmati bersama keluarga Anda. Nah, kali ini berbagai tempat wisata yang available untuk Anda kunjungi tersebut akan Anda ketahui dalam artikel ini.

Berikut ini 24 wisata wajib kamu kunjungi Berada di Kota Pekanbaru Riau

1. Riau Fantasi
Tempat wisata pertama yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Pekanbaru adalah Riau Fantasi. Lokasi wisata ini adalah salah satu lokasi wisata yang ramah untuk anak dan keluarga besar Anda. Harga masuk di Riau Fantasi adalah 60 ribu rupiah pada hari Senin dan Jumat. Dan 70 ribu rupiah pada hari Sabtu dan Minggu.

Apa saja yang dapat Anda nikmati disana? tentunya seperti taman fantasi pada umumnya, Riau Fantasi memiliki berbagai jenis kolam dan papan seluncur yang dapat memanjakan para pengunjungnya. Terdapat juga ember raksasa yang memiliki volume 3 ribu air yang akan tumpah setelah penuh dan mengguyur Anda. sensasi guyuran air dari ember tersebut akan dapat membuat gelak tawa Anda sekeluarga.

Wisata Kuliner Pekanbaru, dan Tempat Makan enak Pekanbaru

Berbagai jenis kolam tersedia dengan berbagai ukuran dan kedalaman mulai dari 30 cm hingga 1,5 m untuk orang dewasa. Kolam tersebut juga dilengkapi dengan seluncuran dan pancuran air, loh.
Jika Anda tidak puas dengan bermain air di kolam, Anda dapat mencoba menguji keberanian Anda dengan berbagai permainan seperti kora kora, sky tower, wave blaster, speedy coaster dan family swinger. Semua wahana tersebut dijamin akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat
Di arena Riau Fantasi juga terdapat mushola, toilet dengan jumlah yang memadai, warung jajanan, dan tidak ketinggalan tentunya WiFi.

2. Masjid Agung An Nur
Jika melihat tampilan sekilas Masjid Agung An Nur, tentu Anda akan sedikit mengira bahwa masjid ini sangat mirip dengan Taj Mahal di India. Masjid Agung An Nur adalah masjid yang paling megah di Provinsi Riau yang selain digunakan untuk kegiatan ibadah juga sering kali dikunjungi sebagai tujuan wisata rohani.

Bangunan yang menggunakan gaya Melayu, Arab, Turki, dan India dalam satu bentuk masjid yang kokoh dan anggun menjadi salah satu ikonik kota Pekanbaru, bahkan sering kali disebut sebagai Taj Mahalnya Kota Pekanbaru.


Untuk melihat pemandangan yang paling indah di Masjid ini, berkunjunglah pada malam hari karena pantulan lampu dari menara dan bangunan masjid pada kolam akan membuat suasana masjid tampak sangat cantik. Apalagi jika Anda mengunjungi saat bulan Ramadhan, Anda akan menemukan jalan disekitaran masjid sangat ramai dengan pedangan kuliner dan berbagai aksesoris.

2. Kebun Binatang Sang Kulim
Lokasi wisata ketiga yang patut Anda kunjungi adalah kebun Binatang Sang Kulim. Cukup dengan tiket sebesar 20 ribu untuk orang dewasa dan 10 ribu untuk anak-anak, Anda sudah bisa menikmati beragam hewan seperti monyet, burung, ular, landak dan yang lainnya.

Selain melihat beragam hewan, Anda juga dapat mengajak anak anak untuk bermain di papan seluncuran, dan ayunan. Anda juga dapat merasakan sensasi naik gajah pada  momen tertentu.
Danau Buatan Lembah Sari

Berbicara tentang potensi wisata Pekanbaru, danau adalah salah satu potensi wisata yang cukup menarik untuk Anda kunjungi. Salah satu danau yang paling ramai dikunjungi adalah Danau Lembah Sari.

Jika Anda ingin mengunjungi danau ini, Anda cukup menempuh jarak 10 km dari pusat kota, cukup dekat, bukan. Selain dapat Anda gunakan untuk kegiatan berpiknik bersama keluarga, wahana yang dapat Anda nikmati disini salah satunya adalah menyewa perahu, dan sepeda air untuk digunakan berkeliling danau. Pemandangan yang asri dengan pepohonan disekeliling danau akan membantu Anda merefresh otak dari segala kepenatan.

3. Perpustakaan Soeman H.S
Bosan dengan wisata yang itu itu saja? Cobalah untuk mengunjungi perpustakaan Soeman H.S di Jalan Jendral Sudirman 462, Pekanbaru. Yang unik dari perpustakaan ini adalah bentuk bangunannya yang mirip dengan papan alas Al-Qur’an. Jika Anda pintar mengambil sudut foto yang pas, Anda akan mendapatkan foto bagus di bangunan ini.

Wisata edukasi di perpustakaan ini dapat Anda lakukan bersama anak anak Anda kerna memang disini terdapat childern library dan kids corner yang sangat cocok untuk anak anak. Ruangan bebas, bisa sambil lesehan sangat memungkinkan bagi anak anak untuk bersenang senang dengan bukunya. Tanpa membayar, tanpa kartu anggota, Anda dapat berwisata edukasi gratis disini sepuasnya.

4. Taman Alam Mayang.
Berwisata di taman terbuka memang menjadi pilihan paling pas untuk Anda yang ingin merefresh otak dari kepenatan. Yup, salah satu wisata taman terbuka di Pekanbaru adalah Taman Alam Mayang. Secara geografis, terdapat bukit pada sekitar taman yang membuat taman ini sejuk dan menyegarkan. Jembatan Leighton juga dapat Anda lihat dari sini.

Untuk wahana yang dapat Anda nikmati, Anda dapat memancing sepuasnya di taman Alam Mayang karena memang telah tersedia 3 kolam pancing. Selain itu Anda juga dapat menikmati wahana flying fox, sepeda air, banana boat, dan bola air raksasa. Tiket masuk untuk Anda yang ingin menikmati taman Alam Mayang sebesar 20 ribu per orang.

5. Wisata Belanja Pasar Bawah
Pasar Bawah adalah salah satu ikon kota Pekanbaru yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya di pasar ini wisatawan akan dengan mudah menemukan aneka keramik dari cina, karpet dari timur tengah, dan barang second hand dari Singapura dan Malaysia. Cukup menarik, bukan.

6. Istana Siak Sri Indrapura
Pekanbaru terkenal dengan salah satu kesultanan yang banyak tercatat dalam sejarah, yaitu Kesultanan Siak. Bangunan megah berwarna putih inilah yang menjadi saksi bisu bagaimana Islam berkembang di masa lampau. Bangunan dengan gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu ini telah berumur lebih dari 100 tahun dan masih mampu berdiri kokoh.

Berwisata sejarah di Istana ini, Anda akan menemukan kamar sultan dan berbagai koleksi senjata pusaka milik kesultanan. Untuk menikmati berwisata di Istana, Anda akan dikenakan tarif 3000 rupiah. Sangat murah, bukan.

7. Masjid Senapelan
Masih berbicara tentang Kesultanan Siak, Masjid Senapelan merupakan salah satu peninggalan dari kesultanan tersebut yang hingga kini masih berdiri kokoh. Dahulu terdapat sumur tua yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Akan tetapi, sumur tersebut telah ditutup secara permanen.

8. Museum Sang Nila Utama
Jika Anda ingin menikmati berbagai macam benda sejarah peninggalan masyarakat Pekanbaru, Anda dapat mengunjungi Museum Sang Nila Utama. Berbagai koleksi dapat Anda lihat seperti alat musik, gasing, pakaian adat, dan benda benda sen. Semuanya dapat Anda saksikan dengan berkunjung langsung di Museum Sang Nila Utama yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru.

 9. Wisata Balai Adat Melayu
Berwisata budaya memang tidak pernah membosankan, apalagi jika Anda berkunjung ke balai adat Melayu. Sebuah bangunan yang menjadi pusat pelestarian berbagai macam adat melayu. Dari sisi arsitektur, bangunan ini sangat kaya dengan ukiran dan tenunan khas orang melayu. Selain itu terdapat dinding dengan tulisan Gurindam dua belas buatan Raja Ali. Sangat menarik, bukan.

10. Air Terjun Aek Martua
Berlokasi di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, wisata air terjun Aek Martua ini memiliki keunikan. Terdapat 3 tingkatan air terjun dengan ketingian yang berbeda beda berkisar 40 meter hingga 13 meter. Banyak juga yang kemudian menyebut lokasi wisata ini sebagai air terjun Tangga Seribu.

11. Air Terjun Guruh Gemurai
Bergeser ke wisata alam berupa air terjun, Guruh Gemurai merupakan salah satu air terjun yang sangat populer disini. Disebut sebagai Guruh Gemurai karena memang curahan air tersebut membuat suara gemuruh yang cukup keras. Anda akan merasakan sensasi kesejukan lokasi air terjun karena memang disekitarnya dikelilingi tanaman vegetasi yang cukup lebat.

12. Angjungan Seni Idrus Tintin
Anjungan ini sebenarnya hampir mirip dengan bangunan istana yang didalamnya terdapat berbagai ornamen khas Melayu. Gedung seni ini memiliki 3 lantai yang jika dilihat memang memiliki nilai seni tinggi baik dari ekterior maupun interior. Lokasi wisata ini sangat instagramable, sehingga Anda dapat berfoto sepuas hati karena memang dilokasi ini sangat banyak spot foto yang dapat Anda manfaatkan.

13. Sungai Kampar Pekanbaru
Sungai kampar memang menyimpan bermacam potensi wisata, termasuk didalamnya adalah wisata berselancar di sungai. Yup, fenomena unik yang dikenal dengan istilah Bono akan memanjakan Anda jika ingin sekedar bersurfing ria. Fenomena ini biasanya terjadi pada saat bulan sedang purnama dimana Sungai Kampar memiliki ombak yang cukup besar hingga kecepatan 40 km perjam dengan tinggi ombak hingga 6 meter.

14. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim
Lokasi Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim ini berada pada jarak 23 km dari pusat Kota Pekanbaru. Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang memukau dengan tanaman tanaman pinus yang begitu memanjakan mata. Untuk mencapai taman ini, Anda akan melewati jalan yang lurus dan menurun sehingga terlihat lengang. Jangan khawatir, lokasi ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan saat musim liburan atau akhir pekan.

15. Wisata Desa Okura
Yang unik dari wisata di Pekanbaru adalah wisata desa Okura. Sebuah desa didesain dengan sangat indah sebagai kawasan wisata agrowisata. Sungai Siak yang melewati desa tersebut menjadikan nilai tambah karena dapat dimanfaatkan sebagai objek pemancingan bagi para pelancong. Jika Anda melihat desa wisata ini dari atas, Anda akan melihat pemandangan desa yang sangat indah dengan pohon dan tumbuhan hijau disekitarnya. Untuk akses, desa wisata Okura telah memiliki jalan masuk yang cukup mudah untuk Anda lewati.

16. Air Terjun Batu Dinding
Jika Anda berkunjung ke Pekanbaru, jangan melewatkan air terjun yang satu ini. tempat wisata ini sangat unik dan berbeda dengan air terjun pada umumnya kaerna terdapat objek wisata atau wahana lain yang dapat Anda nikmati selain melihat air terjun. Terdapat wisata Tugu Equator dan Istana Kerajaan Gunung Sahilan yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung ke air terjun batu dinding tersebut.

17. Wisata Benteng Tujuh Lapis
Berlokasi di Tambusai Tengah Kecamatan Tambusai, bangunan ini merupakan salah satu benteng yang terbuat dari tanah liad sebanyak 7 lapis. Gundukan tanah liat tersebut dibangun setinggi 11 meter hingga sangat mirip sekali dengan benteng. Untuk menikmati keunikan benteng Tujuh Lapis, Anda tidak akan dikenakan biaya atau tiket masuk.

18. Taman Putri Kaca Mayang
Jika Anda enggan pergi jauh untuk berwisata, Anda dapat mencoba berwisata di Taman Putri Kaca Mayang yang berada pas di depan kantor walikota Pekanbaru. Lokasi wisata yang berada di tengah kota ini tidak pernah sepi pengunjunga karena memang banyaknya wahana yang dapat dinikmati. Sebut saja kolam renang, komedi putar, bombom car, dan beragam permainan lain tersedia di Taman Putri Kaca Mayang.

19. Air Terjun Batang Kapas
Berkunjung ke Riau kurang lengkap jika Anda tidak mengunjungi Air Terjun Batang Kapas. Air terjun dengan tinggi 150 meter ini akan membuat Anda terpukau meskipun untuk sampai pada lokasi tersebut Anda perlu melakukan perjalanan yang cukup menantang. Keajaiban alam berupa air terjun tersebut dapat Anda manfaatkan dengan mengambil beberapa foto pada spot spot yang menarik dilokasi tersebut.

20. Rumah Singgah Tuan Kadi
Beralamat di Kecamatan Kampung Bandar, Kabupaten Senapelan, Kota Pekanbaru, lokasi wisata ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang menginginkan wisata gratis di kota Pekanbaru. Rumah ini merupakan salah satu buktisejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Rumah ini memiliki bentuk dan ornamen yang sangat khas dengan nuansa melayu. Apalagi pemilihan warna biru muda pada bagian atapnya dan dominasi kuning pada bagian dinding semakin membuat nuansa etnik begitu terasa. Abadikan momen Anda di Rumah Singgah Tuan Kadi karena tersedia banyak spot foto menarik untuk Anda.

21. Taman Kota Pekanbaru
Taman Kota Pekanbaru adalah salah satu lokasi wisata murah meriah yang dapat Anda coba kunjungi jika sedang berada di Pekanbaru. Dibuka setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore, taman ini tidak pernah sepi pungunjung. Selain gratis, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Nuansa hijau dan sejuk diciptakan oleh sederet tanaman dan pohon pohon rindang yang terdapat didalamnya. Sambil menikmati sejuknya udara di Taman Kota Pekanbaru, bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing dapat memancing secara gratis pada kolam pemancingan.

Tatanan apik dan hamparan taman bunga akan membuat pikiran Anda tenang dan damai. Untuk lokasi tepatnya berada di Jalan Jendral Sudirman 13716 Kabupaten Bukit Raya.

22. Citraland Waterpark

Artikel ini akan ditutup dengan tempat wisata ke 24 yang dapat Anda kunjungi di Riau. Citraland Waterpark adalah taman bermain air yang menyediakan berbagai macam wahana bermain untuk Anda sekeluarga. Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Tangkeang Barat, Kabupaten Marpoyan Damai, waterpark ini tidak pernah sepi pengungjung apalagi jika mendekati akhir pekan. Terdapat berbagai macam wahana seperti seluncuran, air mancur, dan beragam jenis kolam renang.


23 Gembok Cinta Hutam Mangrove Mengkapan
Salah satu Hutan Mangrove yang ada di Provinsi Riau ini adalah Hutan Mangrove Mengkapan Siak. Hutan Mangrove ini juga dapat dijadikan destinasi wisata bagi para pecinta mangorove dan pecinta lingkungan hidup baik masyarakat umum. Seperti di Menara Eiffel di Paris, dan beberpa daerah di Korea Ekowisata Mangrove Mengkapan ini juga membuat "Gembok Cinta" yaitu Gembok Cinta Mangrove, sama-sama gembok cinta tapi memiliki makna yang berbeda. Gembok Cinta Mangrove mengkapan ini di buat untuk para pengunjung agar ikut serta mencintai mangrove dan melestarikan Hutan Mangrove Tersebut...   Lanjutkan Baca..

Itulah tadi ke 24 wisata yang dapat Anda kunjungi jika sedang pergi ke Pekanbaru. Jangan lupa kunjungi wisata wisata tersebut dan nikmati keindahan Pekanbaru Riau.



Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "23 Wisata Wajib Kamu Kunjungi Berada di Kota Pekanbaru Riau"

Post a Comment