Kabupaten Rokan Hilir - Bagansiapiapi

Kabupaten Rokan Hilir (Bagansiapiapi)
Wisata Kuliner Bagan Siapiapi

Sumber : www.rohilkab.go.id/

Pernahkah Anda mendengar daerah Rokan Ilir? 

Atau pernahkah Anda berkunjung ke kabupaten tersebut? Jika belum, maka Anda perlu mengetahuinya. Rokan ilir merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Riau, dimana Ibukotanya terletak di Bagansiapiapi. Daerah ini pernah dikenal sebagai penghasil ikan paling besar di Indonesia. Saat ini, daerah tersebut berada dalam pemerintahan Bupati H. Suyatno, AMP dan Wakil Bupati Drs. H. Djamiludin dengan penduduk sebanyak 504.591 jiwa (2009). Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di tengah-tengah kota, tepatnya di Jalan Merdeka No 58. Kabupaten ini memiliki luas 8.941 km² dan yang terbagi dalam 18 kecamatan dan 83 desa.

Jumlah Kecematan di Rokan Hilir 

Berikut kecamatan yang ada di Rokan Ilir:
Kecamatan Yang Ada di Rokan Ilir Ada 18 kecamatan yang ada di Rokan ilir, meliputi :

  1. Kecamatan Bangko, 
  2. Kecamatan Sinaboi, 
  3. Kecamatan Rimba Melintang, 
  4. Kecamatan Bangko Pusako, 
  5. Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, 
  6. Kecamatan Tanah Putih, 
  7. Kecamatan Kubu, 
  8. Kecamatan Bagan Sinembah, 
  9. Kecamatan Pujud, 
  10. Kecamatan Simpang Kanan, 
  11. Kecamatan Pasir Limau Kapas, 
  12. Kecamatan Batu Hampar, 
  13. Kecamatan Rantau Kopar, 
  14. Kecamatan Pekaitan, 
  15. Kecamatan Kubu Babussalam, 
  16. Kecamatan Balai Jaya, 
  17. Kecamatan Bagansinembah Raya, 
  18. Kecamatan Tanjung Medan

Nah, untuk masalah wisata, kabupaten ini juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Penasaran dengan wisata apa saja yang terdapat di tempat ini? Simak ulasannya.

Jas Cargo Murah Pekanbaru Bagan Siapiapi,
Kirim Barang ke Bagan Siapiapi

Pariwisata di Kabupaten Rokan Ilir

Ritual Bakar Tongkang
Ritual Bakar Tongkang adalah salah satu wisata budaya Rokan Hilir, dan yang mengejutkan lagi, ritual ini telah menjadi wisata internasional. Ritual ini merupakan upacara tradisional masyarakat Tionghoa di Ibu Kota kabupaten Rokan Hilir yaitu Bagansiapiapi

Pulau Jemur
Pulau Jemur merupakan bagian dari banyak wisata yang ada di Rokan Hilir. Kawasan ini merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa pulau, yakni Pulau Tekong Simbang, Pulau Tekong Emas, Pulau Labuha Bilik dan juga pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau yang ada di Pulau Jemur ini berbentuk lingkaran, dan tengahnya merupakan laut yang tenang. Pada saat musim angin barat laut tiba, biasanya para nelayan yang sedang menangkap ikan, akan berlindung di bagian tengah Pulau Jemur yang memiliki air laut yang cukup tenang.

Mesjid Al-Ikhlas
Masjid Al Ikhlas adalah masjid kebanggaan masyarakat. Bentuknya yang unik Ala Eropa dengan banyak kubah serta 4 menara yang menjulang  tinggi, melambangkan betapa kebesaran-Nya. Masjid ini bertempat di Jalan Utama kota Bagansiapiapi dan juga berfungsi sebagai Islamic Centre Kabupaten Rokan Hilir.

Danau Napangga
Danau Napangga mempunyai luas sekitar 500 dan memiliki pesona alam yang sangat indah. Air danaunya yang tenang sangat cocok untuk olah raga renang. Lokasi danau ini tepatnya terletak 70 km dari Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih. Danau ini mempunyai legenda yang konon danau ini merupakan tempat persinggahan dan peristirahatan para Raja dan permaisuri pada zaman dulu.

Batu Belah Batu Bertangkup
Wisata ini terletak di desa Bantayan. Wujudnya adalah sebongkah batu besar, yang tengahnya terbelah mirip kerangraksasa yang sudah menjadi fosil. Dalam Sejarah Rokan, Batu Belah Batu Bertangkup ini awalnya merupakan binatang yang hidup, sejenis kerang dan oleh orang Portugis mulut kerang tersebut dicurahkan air kapur sehingga kerang raksasa itu mati. Batubelah mengandung sebuah legenda, yaitu tentang seorang ibu yang kecewa melihat tingkah laku anaknya yang nakal. Karena kecewanya kepada si anak, Sang ibu bunuh diri dengan membiarkan dirinya ditelan oleh batu belah itu.

Selain wisatanya yang menarik untyk dikunjungi, kabupaten ini juga memiliki mdaya tarik lainnya, yaitu kulinernya. Terdapat beberapa kuliner khas dari daerah ini. Penasaran? Berikut ulasannya.

Kuliner khas Rokan Ilir

KWETIAU BAGAN
Kwetiau ini beda dengan kwetiau pada umumnya. Jika yang lain berwarna coklat, maka kwetiau ini berwarna merah. Warna merahnya ini tergantung pada tingkat kepedasan dari kwetiau yang dipesan. Isi dari kwetiau ini antara lain seperti udang, bawang putih halus, cabe, tauge dan terakhir “Kucai”.

KEMI
Isi dari Kemi adalah mie gede, yang terbuat dari sagu + tepung terigu, dan perbandingannya adalah 4 sendok sagu + 2 sendok tepung terigu, sehingga lebih kenyal. Untuk pelengkap, ada tambahan lain seperti udang, daging, dan bakso ikan.

WANTANMIE
Wantanmie ini sebenarnya sama dengan mie ayam, yang membedakan adalah isinya. Isinya  bukan ayam tapi daging babi yang dipanggang, kucai, bawang merah goreng, dan juga tauge. Namun bagi Anda yang tidak makan babi, maka Anda dapat mengabaikan menu yang satu ini.

KARIPENG
Isi dari Karipeng ini adalah daging kecap, telur, dan kentang. Menu ini merupakan salah satu makanan favorite keluarga. Jika Anda berkunjung ke kabupaten ini, maka sangat disarankan untuk makan kuliner yang satu ini.

Selain kuliner dan juga wisata, terdapat tempat menginap di Rokan ilir.
Berikut daftarnya.

Hotel di Rokan ilir
1. Hotel Lucky Star, berada di jl. Sungai Garam Kel. Bagan Barat, Kec. Bangko Kab. Rohil
2. Hotel Lion, letaknya ada di Jl. Mawar No. 3-5 Kel. Bagan Timur Kec. Bangko Kab. Rohil
3. Hotel Kesuma, tempatnya berada di Jl. Manggis No. 22 Kel. Bagan Kota Kec. Bangko Kab. Rohil
4. Hotel Indah , berada di Jl Syahbandar Kel. Bagan Barat Kec. Bangko Kab. Rohil
5. Hotel Horison, lokasinya ada di Jl. Perdagangan Kel.Bagan Barat Kec.Bangko
6. Hotel Bagan, bertempat di Jl. Sentosa Bagansiapiapi Kec. Bangko

Nah, jika Anda berada di Pekanbaru, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 146 km atau 87.6 mil. Untuk mengatasi jarak, maka berkendaraanlah dengan kecepatan rata-rata 80 km / jam, dan membutuhkan 1.8 jam untuk sampai.

Jarak Pekanbaru ke Bagan Siapiapi, Kuliner Khas Bagan Siapiapi, Kuliner Khas Dumai, Wisata di Bagan Siapi api dan Ujung Tanjung.

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Kabupaten Rokan Hilir - Bagansiapiapi"

Post a Comment