Profil Kabupaten Rokan Hulu - Pasir Pengaraian

Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian) 
Ujung Batu Rokan Hulu

Sumber : rokanhulukab.go.id/

Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian) Yang Menarik Perhatian Masyarakat Luas.

Kabupaten yang bernamakan Rokan Hulu ialah salah satu kabupaten masuk dalam wilayah Provinsi Riau, yang disebut juga dengan Negeri Seribu Suluk. Pasir Pengaraian ini adalah pusat kota Rokan Hulu. Pasir Pengarayan ialah pemerintahan desa yang terdapat di wilayah kecamatan Rambah, Kab Rokan Hulu, provinsi kepulauan Riau Indonesia. Bupati rokan hulu ialah Plt H Sukiman yang telah dilantik untuk jabatan defenitif untuk sisa masa jabatan sampai 2021. sekarang Sukiman kini sah menjadi Bupati Rokan hulu  dan mengantikan bupati non aktif sebelumnya. Kabupaten Rokan Hulu mempunyai wilayah yang terdiri atas 85% daratan dan 15% daerah rawa dan perairan.

Dua Sungai Yang Membelah Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian)

Di kabupaten Rokan Hulu ada banyak sungai, dua diantaranya ialah sungai yang luamayan besar yaitu Sungai Rokan Kiri dan Sungai Rokan Kanan. Selain itu sungai besar tadi ada juga sungai- sungai kecil yang banyak. Kabupaten Rokan Hulu ialah kabupaten yang barusan di resmikan di tahun 2000. daerah ini yang memisahkan kabupaten Kampar dan Kabupaten rokan hulu terdapati dua sungai yang cukup besar dan menjadi asal usul dari kabupaten rokan hulu, Rokan ialah sebuah nama sungai yang mesihkan Pulau Sumatera diwilayah tengah, terus bermuara kebagian Utara Pulau Selat Malaka. Daerah ini juga adalah wilayah Kerajaan Rokan Tua, dalah sejarah keberadaannya di abad ke 13.

Ada 16 Kecamatan Di Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian)

Kecamatan di Rokan Hulu ini banyak sekali, ini daftarnya :

  1. Kecamatan Rokan IV Koto, 
  2. Kecamatan Kepenuhan, 
  3. Kecamatan Rambah, 
  4. Kecamatan Tambusai Utara, 
  5. Kecamatan Kunto Darussalam, 
  6. Kecamatan Bangun Purba, 
  7. Kecamatan Tandun, 
  8. Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, 
  9. Kecamatan Bonai Darussalam, 
  10. Kecamatan Rambah Samo, 
  11. Kecamatan Kabun, 
  12. Kecamatan Ujungbatu, 
  13. Kecamatan Tambusai, 
  14. Kecamatan Rambah Hilir,
  15. Kecamatan Pendalian IV Koto 
  16. Kecamatan Kepenuhan Hulu. 
Penduduk kabupaten Rokan Hulu ketika tahun 2014  berjumlah 568.576 jiwa. dan Mayoritas penduduk asli ini ialah termasuk salah satu dari Rumpun Minangkabau. dalam sejarahnya, dulu sekali daerah Rokan Hulu ini disebut Luhak Rokan Hulu atau Rantau Rokan karena termasuk daerah perantauan dari orang- orang Minangkabau pada pada jaman dahulu, Pada jaman itu disebut juga sebagai Rantau Nan Tigo Kabuang Aie yaitu Rantau Timur Minangkabau di wilayah Kampar dan Kuantan sekarang ini.

Makanan Khas Rokan Hulu

 Ayam Kokek Adalah Kuliner Khas  Yang Menggoda Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian)
Cara memasak ayam kokek hampir mirip seperti cara memasak gulai, namun dengan bumbu dan bahan tertentu serta teknik yang sedikit berbeda dari yang lainya. Menurut juru masak disana, yang membedakan kokek dengan gulai adalah ditambahkannya bumbu asam durian dicampur santan yang sengaja racik dan bercampur rasanya, bukan seperti gulai yang bisa terus di aduk- aduk agar santan rasanya tidak hilang dan rasa Asam durian, Yang menjadi perbedaan gulai ayam dan ayam kokek ialah rasa  pada asam durian, yang menjadi resep utama dalam membikin kuah dari ayam kokek ini. kueh kokek yang warnanya coklat keemasan bisa berasa asam yang segar dan pedas. Dan Aroma duriannya menambah nafsu makan dalam cita rasa dari ayam kokek ini.

Adapun Makanan Khas Lainya Dari Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian)

Makanan khas lainya dari kabupaten rokan hulu yaitu : gulai jangek torong, gulai alo – alo, tumih daun gando, campa cahang – asam kandih, gilaipucuk ubi tumbuk, asam podeh taleh (asam podeh lalu), gulai tunjang, baka ikan kopiek, giliang rondang korambie, campa cahang – krasak kincong, paih, giliang kumangi, asam podeh lingkitang, pokasam limbek, gulai krasak labu cinu, giliang krasak, giliang paih, sala toluo ayam, anyang ratuih, baka torong (aie asam torong) – santan, kukuo montimun – santan, baka torong (aie asam torong) – aie lalu, joruk maman, kukuo montimun – aie, anyang pakih, sayuo ayie, ulek – ulek, sonop pisang, jando pulangan, putila mandi, sonop ompiang, bubuo lomak, lompuk durian, konji, lopek pegu, lopek kutakuo, itak kopa panggang, buah inai, tak talam, aie podeh, salam, urap, caco labu cino, buah molako, lalaju, bekang, buah klopang, nasi lomak, lopeh buluh, itak kopa, itak kopa kukuih, buah porio, tobu kabong, klamai gegek.

Daftar Hotel Di Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian)

Daftar Hotel Di area Pasir Pangaraian dalam wilayah Kabupaten Rokan Hulu yaitu :

  • Alam sari alamat jl.raya pekanbaru, B
  • ahagia penginapan alamat jl. riau no. 16 rambah p pengaraian, 
  • Gelora bakti wisma alamat jl. persatuan no.3 pasir pengaraian, 
  • Kurnia penginapan alamat jl. tuanku tambusai pasir pengarayan, 
  • Pasir indah penginapan alamat jl. diponegoro km 2 rambah, 
  • Putri bungsu penginapan alamat jl. hang tuah no. 38 rambah, 
  • Restu bunda alamat jl hang tuah no.36 pasir pangarayan, 
  • Rokan permai penginapan alamat jl. diponegoro no.78 km 2 rambah, 
  • Sapadia hotel alamat jl. tuanku tambusai km 4 simpang empat pemda no 9 pasir pangaraian.


Tempat wisata Di Kabupaten Rokan Hulu (Pasir Pengaraian)

Keunikan  dan pemandangan Masjid Agung Madani memberi kebanggaan untuk masyarakat Rohul dan j Riau. masjid agung yang di namai madani islami center ini banyak di kunjungi oleh wisatawan, dari provinsi riau mau pun dari daerah- daerah di Indonesia, ada lagi Masjid Tua Kunto tidak jauh, yaitu sekitar 62 km dari Pasir pengarayan Kota Rokan Hulu. tempat ibadah ini juga di jadikan sebagai ibadah Tarkat Na’syahbandiyah. lanjut mengunjungi istan Rokan, kita bisa memandang langsung tiga tangga yang mensimbolkan kekerabatan warga Rokan IV Koto pada masa dahulu kala.

Ada juga Benteng tujuh lapis ini adalah peninggalan sejarah negeri Indonesia yang lokasinya berada di desa Dalu-dalu, lanjut Makam Raja raja kerajaan Rambah, bisa di tempuh dari pusat kota rokan hulu dengan menempuh 9 Km. Makam ini bertempat di desa Kumu. Dan ada banyak lagi lainya tempat wisata yang menarik di sini, dan jaraknya pun tidak terlalu jauh, jarak antara pekanbaru dan rokan hulu yaitu 127 km dengan perjalanan kurang lebih 95 menit.

Jarak Pekanbaru Rohul Ujung Batu Pasir Pangaraian

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Profil Kabupaten Rokan Hulu - Pasir Pengaraian"

Post a Comment