Profil Kabupaten Pelalawan - Pangkalan Kerinci

Kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci) Yang Istimewa 
Profil Kabupaten Pelalawan


Kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci) ialah wilayah kecamatan yang merupakan juga ibu kota dari Kabupaten Pelalawan, Riau. Kecamatan ini mempunyai potensi yang berkembang karena secara geografis  menjadi jalur Jalan Raya Lintas Sumatera. Kawasan tempat kantoran baru di Pangkalan Kerinci ini juga berkembang dan kemajuan dalam bangunan di wilayah Bukit Seminai yang bertempat di arah timur dari kota Pangkalan lama Kerinci. Kabupaten Pelalawan tananhya  seluas 13.924,94 km², terpisah oleh Sungai Kampar, juga pada wilayah ini menjadi tempat bersatunya kembali Sungai Kampar Kiri dan Sungai Kampar Kanan. Kabupaten ini mempunyai beberapa pulau yang lumayan besar.

Bupati Kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci) Saat Ini
Kabupaten ini di pimpin saat ini oleh bupati H.M. HARRIS, beliau kelahiran Langgam, 02 Februari 1950, yang beralamatkan di Komplek Perumahan Pemerintah daerah Kab Pelalawan, Agama beliau adalah Islam, Kabupaten Pelalawan ini juga merupakan asal dari Kabupaten Kampar yang dimekarkan, yang dibentuk dengan dasar Undang- Undang RI No 53 pada Tahun 1999. Awal berdirinya kabupaten ini dari  4 wilayah kecamatan, yaitu: Pangkalan Kuras, Langgam, Kuala Kampar, dan Bunut. Hari jadi kabupaten ini yaitu ‎pada tanggal 12 Oktober 1999, dan selanjutnya ada peraturan dari pemerintah provinsi riau agar kabupaten palawalan ditambah lagi jumlah kecamatanya.

Jumlah Kecamatan Kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci)
Sehingga kabupaten ini mempunyai 12 kecamatan, yaitu:

  1. Kecamatan Ukui dengan ibukota dengan ibu kota Ukui Satu = 36.849 jiwa. 
  2. Kecamatan Bunut dengan ibu kota Pangkalan Bunut = 13.742 jiwa. 
  3. Kecamatan Bandar Petalangan dengan ibu kota Rawang Empat = 13.885 jiwa. 
  4. Kecamatan Pangkalan Lesung dengan ibu kota Pangkalan Lesung = 29.035 jiwa. 
  5. Kecamatan Kerumutan dengan ibu kota Kerumutan = 20.350 jiwa. 
  6. Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan ibu kota Pangkalan Kerinci = 90.306 jiwa. 
  7. Kecamatan Teluk Meranti dengan ibu kota kecamtannya Teluk Meranti dengan jumlah penduduk 14.834 jiwa. 
  8. Kecamatan Langgam dengan ibu kota Langgam = 26.423 jiwa. 
  9. Kecamatan Bandar Sei Kijang dengan ibu kota Sei Kijang = 23.006 jiwa. 
  10. Kecamatan Kuala Kampar dengan ibu kota Teluk Dalam = 17.797 jiwa. 
  11. Kecamatan Pangkalan Kuras dengan ibu kecamatannya kota Sorek Satu dengan jumlah penduduk 52.920 jiwa. 
  12. Kecamatan Pelalawan dengan ibu kota Pelalawan = 17.798 jiwa.


Menu Makanan Favorit di Kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci)

Gulai Umbut Rotan inilah menu khas masakan Kabupaten Pelalawan, provinsi Riau, makanan ini salah satu jenis menu santap yang hadir di saat bulan ramadan. cirikhas rasanya menjadikan makanan dalam menu favorit  ketika berbuka puasa pada masyarakat Pelalawan.  Resep masakan ini menggunakan bahan dasar umbut rotan atau rotan muda dan daging ikan salai. adapun bumbunya ialah santan kelapa, bawang merah, cabe kampung dan kunyit putih, jahe, dan bumbu rempah- rempah lainnya yang digiling secara halus, ada juga makanan khas lainya yaitu ikan asap, makanan ini  harganya lumayan mahal, akan tetapi disukai masyarakat setempat maupun masyarakat luar daerah. Harga ikan asap luamayan mahal, sebab satu kilogram dibandrol dengan harga 200 ribu sampai 250 ribu, Bahkan juga harga ikan asap dapat semakin mahal pada waktu hari raya atau tahun baru.

Pengaruh harga ikan ini karena kondisi ikan yang basah sebagai bahan dasar memasaknya. Jika ikan basah di pasaran lumayan mahal, maka harga jual ikan asap pun juga mahal begitu pula dengan sebaliknya. Semua macam ikan bisa dijadikan ikan asap. Akan tetapi spesial ikan jenis selais dan baung yang sudah dikenal luas oleh masyarakat pelawalan ini.

Daftar Hotel di Kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci)
Jika anda berkunjung atau berwisata di kabupaten palalawan, tidak usah kawatir untuk tempat menginapnya, dibawah ini banyak daftar hotel yang ada di kabupaten palalawan :


  • Aini Hotel kelas Melati alamat Jl Lintas Tmr PANGKALAN KERINCI, Cipto Penginapan alamat Teluk Dalam Kecamatan Kuala Kampar, 
  • DANGAU HOTEL kelas Melati alamat Jl. Lintas Timur Sorek, dangau sorek alamat jl. lintas timur no. 72 pangk. Kuras, 
  • Dika Raya Hotel kelas Melati alamat Jl Lintas Tmr 245 PANGKALAN KERINCI, 
  • DINDA WISMA alamat Jl. Lintas Timur Jumlah, FanBinari Hotel kelas Melati alamat Jl Lintas Tmr PANGKALAN KERINCI, 
  • Grand Kerinci Hotel alamat Jl Lintas Tmr 517 PANGKALAN KERINCI, grand royal hotel alamat jl. lintas timur 21pangkalan kerinci, hidup jaya alamat teluk meranti, hotel riyan alamat jl. lintas timur gg famili pangkalan kerinci, 
  • INDAH LESTARI PENGINAPAN alamat Jl. Lintas Timur, Intan Bersaudara kelas Melati alamat Jl. Dahlia, Pangkalan Kerinci, intan wisma alamat jl. dahlia no. 240 pangkalan kerinci, 
  • MAWADI KUALA KAMPAR WISMA alamat Jl. Lintas Timur, mega lestari alamat teluk meranti, 
  • MERANTI HOTEL kelas Melati alamat Jl. Lintas Timur Pangkalan Kerinci,

Tempat wisata terbaik di Kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci)

Yang pertama Tempat wisata ombak bono, Ombak Bono ialah salah satu keajaiban alam yang ada di Pelalawan. dentuman ombak besar ini biasanya bisa kita saksikan di pesisir pantai yang sangat luas. Tapi di sini Anda bisa melihatnya di sungai. Yang kedua Keindahan Danau Tajwid, Keindahan tempat wisata danau ini dipercayai bisa menghilangkan berbagai kecapekan yang terjadi dalam hidup. Yang ketiga Wisata danau betung, Danau ini menawarkan hamparan pemandangan yang indah yang bisa menyejukkan mata. Yang keempat Taman Nasional Tesso Nilo, Bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan flora dan faun khas di hutan hujan tropis, maka kalian bisa mendatangi Taman Tesso Nilo. Yang kelima Istana Sayap Pelalawan, ini bukti sejarah kerajaan Pelalawan yaitu adanya Istana Sayap Pelalawan. Yang keenam  Masjid agung pelalawan, ini tempat wisata religius dari masjid Agung Ulul Azmi Pelalawan. Dan jarak antara Langgam dan Pekanbaru sama dengan 85.1 km, tentunya ini tidak akan lama jika ditempuh memakai mobil atau sepeda motor.

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Profil Kabupaten Pelalawan - Pangkalan Kerinci "

Post a Comment