Profil Kabupaten Siak - Siak Sri Indrapura

Profil Kabupaten Siak - Siak Sri Indrapura
Wisata Kuliner di Siak Sri Indrapura 

Sumber : siakkab.go.id/

Pernahkah Anda mendengar kabupaten Siak? Mungkin kabupaten tersebut masih terdengar asing bagi khalayak umum karena memang jarang media yang melipt kabupaten tersebut. Siak ini terdiri dari dataran rendah di bagian Timur sedangkan dataran tinggi di sebelah barat. Daerah siak memiliki iklim tropis dengan suhu udara antara 25° - 32° Celsius, dengan kelembaban dan curah hujan cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk pertanian dan peternakan.

“Siak Kota Istana” merupakan motto dari kabupaten yang hari jadinya diperingati tiap tanggal 12 bulan 10 ini. Saat ini Kabupaten Siak dipimpin oleh Drs. H. Syamsuar, M.Si. Kepemimpinan beliau juga cukup bagus dalam membawahi 377.200 masyarakat yang tersebar di 14 kecamatan dan 57 kelurahan.

Sebaran Penduduk di Kabipaten Siak
Pada tahun 2000 penduduk Siak tercatat sebanyak 238.786 ribu jiwa, dan dalam waktu 5 tahun, penduduk Kabupaten Siak menjadi 309.845 jiwa. Menurut data yang ada, pertumbuhan penduduk Kabupaten Siak dari tahun 2000-2010 adalah sekitar 4,29 persen/tahun. Penyebaran penduduk berdasarkan wilayah Kecamatan pada tahun 2010 adalah sebagai berikut :

Kecamatan Bunga Raya sebanyak 20.900, Kecamatan Dayun sebanyak 26.600, Kecamatan Kandis sebanyak 58.700, Kecamatan Kerinci Kanan sebanyak 22.900, Kecamatan Koto Gasip sebanyak 18.600, Kecamatan Siak sejumlah 21.400, Kecamatan Sabak Auh sebanyak 9.900, Kecamatan Tualang sebanyak 104.000, Kecamatan Minas sebanyak 25.800, Kecamatan Sungai Apit sebanyak 25.000, Kecamatan Pusako sejumlah 5.100, Kecamatan Lubuk Dalam sejumlah 17.000, Kecamatan Sungai Mandau sejumlah 7.200, dan terakhir adalah Kecamatan Mempura dengan jumlah sebanyak 14.100.

Sebagai kota yang penuh dengan cerita, Siak juga menyimpan tempat wisata yang indah untuk dikunjungi. Nah, untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Siak, berikut ulasan Tempat Wisata di Siak:

Tempat wisata di Siak

1. Istana Siak Sri Inderapura  
Di dalam istana ini, Anda bisa melihat kemegahan kerajaan Siak Sri Indrapura. Istana ini beroperasi setiap hari Senin sampai Minggu, dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Khusus hari Jum’at, tempat ini tutup sementara mulai pukul 11 siang, dan akan buka mulai pukul 2 siang. Harga tiket masuknyapun lumayan murah, hanya 3.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 10.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara.

2. Masjid Syahabuddin
Masjid ini letaknya dekat dengan Istana Siak. Hanya beberapa ratus meter saja. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Siak yang didirikan pada tahun 1926 di era Sultan al-Said al-Kasyim. Interior di dalamnya pun didominasi warna putih dan hijau dengan lampu gantung di tengah ruangan yang pastinya menambah keindahan interior masjid ini.

3. Balai Kerapatan Adat
Balai ini dibangun sekitar tahun 1888. Di masa kerajaan, bangunan ini digunakan untuk tempat berkumpu Sultan dan para staf untuk diskusi beberapa hal penting terkait pemerintahan.  Saat ini, Balai tersebut difungsikan sebagai museum, dimana Anda bisa melihat beberapa peninggalan masa lampau dari kerajaan di balai ini.

4. Klenteng Hock Siu Kiong
Klenteng ini termasuk klenteng tertua yang ada di Siak. Usianya cukup tua yaitu sekitar 140 tahun. Bangunan klenteng ini berada di kawasan etnis cina atau biasa dikenal dengan sebutan kawasan merah. Mengapa disebut sebagai kawasan merah? Sebabnya adalah semua bangunan di kawasan ini memang sengaja dicat dengan warna merah.

Selain tempat wisatanya, Siak juga dikenal memiliki makanan khas yang tak kalah lezatnya. Penasaran? Berikut ulasannya:

Kuliner khas Kabupaten Siak

Gulai ikan patin
Gulai ikan patin merupakan salah satu makanan khas riau yang cukup terkenal. Rasanya yang khas ini terletak pada kuah nya yang berwarna kuning dengan potongan ikan patin yang besar. Daging ikan yang rendah kolestrol ini sangat lembut dengan rasa yang amat gurih,  ditambah bumbunya yang beresap pada daging. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana rasanya, silahkan berkunjung ke siak sri indrapura.

Ikan selais asap
Ikan selais asap adalah ikan yang berasal dari riau. Penikmat ikan ini jumlahnya sangat banyak, sehingga jumlah ikan selais untuk para konsumen harus terus dijaga. Masakan ikan yang satu inisangat di rekomendasikan untuk dicoba bila anda berkunjung ke wisata Siak.

Roti canai
Roti canai adalah sebuah roti yang berbentuk pipih yang dipengaruhi oleh budaya india. Roti canai rasanya empuk dan juga gurih. Roti canai ini biasanya dihidangkan dengan kari daging kambing yang rasanya gurih akan dan melekat di lidah kita.

Tak hanya kuliner, di Siak juga terdapat wisma dan hotel. Berikut daftarnya:

Hotel dan Wisma di Siak

72 WISMA Berlokasi di JL. LINTAS PEKANBARU-DURI KM 72 KEL./DESA SIMPANG BELUTU, KEC. KANDIS dengan no HP : 0761 598588. 
ERIN HOTEL, beralamat di JL M YAMIN NO 9 Desa Perawang KEC. TUALANG dengan No HP : 0761 8302410. 
HARMONIS UTAMA WISMA. Berlokasi di JL. SULTAN ISMAIL SIAK, Desa Kampung dalam, Siak, No HP : 0764 20116 
INDRA SETIA WISMA. Berlokasi di JL. SULTAN SYARIF KASIM SIAK SRIINDRAPURA, desa Kampung dalam, Siak, dengan no HP 085278250760.

Itulah beberapa info penting mengenai Kabupaten Siak. Jika Anda berada di Pekanbaru dan ingin berkunjung ke Siak, maka dibutuhkan jarak tempuh sekitar 76 km atau 45.6 mil. Untuk mengatasi jarak ini, Anda dapat melaju dengan kecepatan kendaraan rata-rata 80 km / jam dan membutuhkan — 1.0 jam atau 57.0 menit.

Kuliner Siak Pekanbaru, Kuliner Khas Pekanbaru, Kuliner Khas Dumai

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Profil Kabupaten Siak - Siak Sri Indrapura"

Post a Comment