Profil Kota Dumai

Kota Dumai Dulu dan Sekarang
Profil Dumai kota Minyak

Pulau Beting Aceh Rupat Utara

Indonesia memiliki banyak kota dan kabupaten, ada yang usianya mencapai ratusan tahun dan ada pula yang usianya masih terhitung belasan tahun saja. Salah satunya adalah Kota Dumai. Kota yang berada di Provinsi Riau ini memiliki jarak kurang lebih 188 km dari Kota Pekanbaru, dan resmi menjadi kota pada tanggal 20 Aprill 1999 silam. Walaupun usianya masih hitungan tahun, namun kota yang diketahui memiliki wilayah administrasi paling luas nomor di Indonesia (kota palangka Raya dan kota Tidore Kepulauan menduduki posisi pertama dan kedua) ini mampu menunjukkan bahwa mereka mampu berdiri tegak serta membangun kotanya dan masyarakatnya menjadi bagian masyarakat global.

Kota Dumia asal awalnya merupakan dusun kecil yang berada di pesisir timur Provinsi Riau, dan kemudian berkembang menjadi sebuah kota administratif dalam kabupaten Bengkalis, kemudian menjadi pemekaran dari Kabupaten Bengkalis. Di masa awal pembentukannya terdiri atas 3 kecamatan, serta 13 kelurahan juga 9 desa, jumlah penduduknya pun hanya sebanyak 15.699 jiwa, sementara itu untuk tingkat kepadatannya adalah 83,85 jiwa/km2.

Menurut sensus yang dilakukan di tahun 2010 silam, pertumbuhan penduduk bertambah sampai ke 253.803 jiwa, sebanyak 131.465 jiwa laki-laki serta sebanyak 305.338 jiwa perempuan, sementara angka Kepadatan Penduduk adalah 178.00 jiwa/km².

Yang Khas Dari Kota Dumai / kuliner enak Dumai
Kota yang menjadi salah satu penghasil minyak di Indonesia ini berada di pesisir pantai, tak heran jika banyak olahan khasnya yang berbahan makanan laut. Walau demikian, masakan dan santapan khas lain dari bahan non seafood pun banyak yang memikat rasa. Selain itu, kota yang dipimpin oleh Drs. H. Zulkifli AS.MS ini memiliki oleh-oleh khas, bseberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini :
Ikan Asin Lomek Belah. Ikan yang memiliki nama lain ikan Harpodon ini adalah ikan favorit di Kepualauan Riau dan biasa diolah menjadi berbagai macam olahan. Supaya lebih awet maka ikan ini akan dijemur atau diasap supaya kering dan jadi lebih awet lagi. Setelah kering dan diawetkan kelak bisa diolah menjadi berbagai macam  masakan khas.

Dodol Nenas. Cara membuat dodol nenas sangat mudah, sama halnya seperti membuat dodol buah kebanyakan. Hanya saja dodol yang satu ini memiliki proses pembuatan yang lebih praktis dan rasanya juga dijamin lebih lezat juga bikin ketagihan.

Abon Ikan Lele. Abon daging sapi sudah biasa, lantas bagaimana dengan abon ikan lele? Hanya di Kota Dumai kita bisa menemukannya.

Sabun Homemade dan Bunga Sabun. Sabun di Kota Dumai tak hanya sebagai alat mandi saja, namun juga menjadi oleh-oleh yang menjadi ciri khas yang tak ditemukan di daerah lain. Datanglah ke Dumai dan dapatkan berbagai sabun cantik penghias vas dan guci dari sabun yang beraneka aroma.

Kota Dumai adalah kota pesisir, itulah mengapa banyak sekali pantai indah yang bisa kita kunjungi. Misalnya saja Pantai Purnama di Dumai Bar dan Pantai Teluk Makmur di Medang Kampai. Selain pantai, ada juga Taman Bukit Gelanggang yang hits di kalangan anak muda, Tugu Lancang Kuning yang terkenal, sampai dengan Danau Bunga Tujuh. Areanya seluas 45 hektar, terdiri dari danau luas yang indah, pondok-pondok untuk bersantai, dan aneka wahana olahraga air yang bisa digunakan. Tentu saja lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi wisata bersama keluarga, melakukan sesi prewedd pun tak akan mengecewakan.

Ingin nikmati liburan tanpa hingar bingar kota? Bisa kunjungi Hutan Wisata Dumai dan nikmati suasana alam alaminya. Lahan yang khusus disediakan untuk ditanami berbagai macam tumbuhan sebagai objek penelitian maupun konservasi. Inilah mengapa sekarang hutan ini menjadi arboretum, yang tak hanya bermanfaat untuk kalangan akademisi, namun juga untuk masyarakat umum yang senang dengan lingkungan hijau. Tak hanya tumbuhan, ada rawa-rawa juga terbentuk secara alami, berasal dari aliran sungai yang terhambat lajunya dan lambat laun menjadi rawa yang tergenang air serta berlumpur dalam.

4 Hotel Terbaik di Kota Dumai
Untuk menikmati semua objek wisata yang ada di Kota Dumai dibutuhkan waktu luang yang tak cukup satu hari, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menginap di berbagai hotel dan penginapan yang ada di Dumai, diantaranya adalah :


  1. Comforta Hotel Dumai. Berada di Jl. Jend. Sudirman No.58 dan memliki reputasi yang sangat baik sebagai tempat menginap keluarga. Pelayanan yang prima, karyawan yang ramah, serta memiliki fasilitas umum yang baik sekali seperti Gym, juga fasilitas lain misalnya WIFI gratis dan sarapan yang lezat.
  2. Grand Zuri Dumai. Hotel yang cukup terkenal ini lokasinya di Jl Jend. Sudirman No. 88, Dumai Kota dan memiliki fasilitas yang memanjakan pengunjun, pelayanan yang memuaskan dan pilihan kamar yang variatif.
  3. Cititel Hotel Dumai. Ingin berkunjung? Datanglah ke Jl. Jend. Sudirman, Dumai Kota dan rasakan sensasi menginap di berbintang dua ini. Hotel yang bersih dan juga nyaman, service guest yang ramah dan bahkan ada servis antar jemput ke bandara.
  4. Superstar Hotel. Hotel ini berada di Jl. Sultan Hasanuddin No.110, Simpang Tetap Darul Ihsan ini dipilih masyarakat karena hotel baru yang lokasinya cukup strategis dan recommended untuk menginap bersama dengan anak-anak.


Demikian adalah beberapa hotel rekomendasi yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Kota Dumai. Segera rencanakan liburan dan nikmati eloknya Dumai bersama pasangan.

Info Travel Dumai.



Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Profil Kota Dumai"

Post a Comment