Ayam Kokek Variasi Kuliner Khas Pasir Pangaraian (Rohul)

Ayam Kokek Kuliner Khas Rohul Pasir Pangaraian
Kuliner Enak Ujung batu - Pasir Pangaraian
 
Sumber : http://adedoankblogspotcom.blogspot.com


Bagi pecinta kuliner nusantara, pasti tak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner khas Rohul yang begitu kaya rasa. Kabupaten Rokan Hulu atau yang lebih populer disebut sebagai Rohul ini berada di Provinsi Riau, memiliki julukan yang unik yakni Negeri Seribu Suluk. Tidak hanya alamnya yang membuat pelancong rindu untuk kembali, namun kuliner khas Rokan Hulu juga dijamin mampu bikin ketagihan.

Jika di Kalimantan ada Tempoyak, maka di Riau ada Asam durian. Keduanya merupakan hal yang sama, yakni daging durian yang sudah difermentasi sehingga rasanya jauh lebih unik. Karena merupakan warisan leluhur, maka tidak heran jika kemudian di Rokan Hulu banyak sekali makanan tradisional yang memasukkan asam durian di dalamnya.

Rasa asli dari asam durian ini sendiri adalah asam, dan aroma duriannya juga menyengat. Namun karena itulah asam durian menjadi tambahan citarasa khas untuk berbagai santapan khas Rohul.
Salah satu yang paling terkenal adalah Sambal Kokek Asam Durian, cara membuatnya juga sangat simpel karena bahannya yang mudah untuk ditemukan. Ada banyak resep sambal kokek asam durian ini, namun yang paling populer adalah sambal yang menggunakan teri dan juga petai untuk menambah citarasa.

Variasi Kuliner Khas Rohul

Sambal kokek asam durian ibaratnya sudah menjadi masakan khas yang wajib dikuasai oleh para anak gadis Riau, utamanya Kabupaten Rokan Hulu Pasir Pangaraian. Tetapi seiring berkembangnya zaman, banyak juga olahan kuliner khas Rohul yang muncul dan jadi favorit. Misalnya saja adalah Ayam Kokek. Jika biasanya kokek dibuat dengan menggunakan ikan teri, maka yang satu ini adalah variasi kuliner yang tak mengurangi kenikmatan kokek itu sendiri.

Menggunakan daging ayam membuat kokek jadi lebih beragam rasanya, bagi yang tidak suka ikan teri maka bisa memilih untuk mengonsumsi ayam kokek. Apalagi jika ditambah dengan nasi hangat, kenikmatannya bikin mulut tak ingin berhenti mengunyah rasanya.

Seperti apa ayam kokek? Dari segi tampilannya itu sendiri terlihat seperti gulai ayam, hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuatnya jadi lebih istimewa. Misalnya saja kuahnya, kuah ayam kokek yang cokelat keemasan, ada citarasa asam dan pedas yang pas serta kuah santan yang sengaja dibuat agak pecah. Belum lagi aroma duriannya yang membuat kuliner ini layak dicoba semua pecinta kuliner.

Ingin mencicipi santapan lainnya? Ada kuliner yang bahan utamanya adalah Ikan Salai, yakni ikan sungai yang telah diasap. Kemudian ada juga Alo-Alo dan Lingkitang (kerang sungai dan siput) yang diolah menjadi santapan lezat. Bahkan ada Lopek Totakuo yang merupakan kue tradisional langka, dibuat dengan menggunakan kantong semar. Kuliner khas Rohul yang unik ini tentunya bisa memuaskan hasrat kuliner nusantara kita.

Kuliner Khas Pasir Ayam Kokek, Smabal Kokek Ujung batu 
Sambalado Asam Duria & Ayam Kokek.
Cara membuat Asam durian Kokek Pasir Pangaraian
Gulai Kokek Asam Durian Rohu
Kuliner Pekanbaru Riau, dan Tempat Makan enak di Rohul
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Ayam Kokek Variasi Kuliner Khas Pasir Pangaraian (Rohul)"

Post a Comment