Dodol Kedongdong dan Es Laksamana Mengamuk Makanan Khas Rengat

Dodol Kedongdong dan Es Laksamana Mengamuk, Makanan Khas Rengat
Oleh oleh dari Rengat

Rengat merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau, banyak yang bisa di eksplor dari kota Rengat, mulai dari kebudayaannya, lalu dari  Objek Wisata seperti Pantai, Bukit, pegunungan, hingga makanan khas rengat yang harus selalu di lestarikan oleh generasi sekarang.

Dari segi kuliner kota Rengat memiliki beberapa makanan enak dan khas, dan berikut beberapa  makanan khas Rengat yang akan berikan kepada anda sebagai bahan referensi anda jika suatu saat berkunjung ke Kota ini :

1.    Dodol Kedongdong


Dodol Kedondong merupakan makanan paling khas dari Rengat Indagiri hulu. Hal ini disebabkan karena pada zaman dulu saking banyak dan melimpahnya pohon kedongdong di kota ini,sehingga buah kedongdong tersebut diolah menjadi dodol,  bahkan saat itu sempat  dibuatkan sebuah tugu berbentuk buah kedongdong, namun sayang sekarang ini tugu tersebut sudah tidak ada lagi.

Dodol kedongdong menjadi makanan favorite masayarakat indragiri hulu, setiap ada perayaan-perayaan besar seperti pernikahan, idul fitri, idul adha, acara kebudayaan setempat dan beberapa acara besar lainnya dodol kedongdong ini selalu ada.  Bahkan saat ini dodol kedongdong tidak hanya sebagai makanana favorite warga sekarang, tetapi kini dodol kedongdong sudah di bungkus dan dikemas dengan tampilan yang lebih modern, dan sudah dijadikan sebagai oleh-oleh dari kota Rengat.

2.    Laksamana Mengamuk


Dibalik namanya yang sangat unik minuman laksamana mengamuk ini memiliki cerita sejarah yang cukup unik, yaitu berawal dari seorang laksamana pada zaman dulu yang mengamuk karena istrinya di culik oleh pemilik kebun kuwini, lalu karena tidak terima bahwa istrinya diculik laksamana tersebut mengamuk dan memukul-mukul pohon buah kuwini yang menyebabkan buah-buah kuwini tersebut berjatuhan, buah-buah kuwini yang sudah berjatuhan ketanah tersebut diambil oleh warga sekitar lalu dibuatkan minuman buah kuwini ditambahkan dengan santan dan gula, kemudian minuman tersebut dibagikan kepada warga sekitar. Jadi sejak saat itulah minuman tersebut diberi nama minuman laksamana mengamuk.

Selain kedua makanan khas Rengat diatas yang menjadi favorite warga Rengat, masih banyak lagi makanan-makanan khas Rengat lainnya yang tak kalah enak, yaitu ada Buah Seroja, makanan ini terbuat dari putik dari bunga seroja, kemudian ada Asam Pedas patin, makanan ini bahan utamya dari ikan patin dan beberapa rempah-rempah yang membuat makanan ini sangat lezat.
Bagi anda yang merencakan untuk berlibur ke Rengat Indragiri Hulu atau bahkan sedang berada di Rengat, tidak lengkap rasanya kalo belum merasakan makanan-makanan khas Rengat, sebagaimana yang telah kami rekomendasikan diatas.

Demikian itulah beberapa makanan khas Rengatyang bisa kami share kepada anda, selamat mencoba, dan informasi diatas semoga bermanfaat, dan terimakasih.

Kuliner Tembilahan, Kuliner Rengat, dan Makanan Enak Khas Bangkinang


Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Dodol Kedongdong dan Es Laksamana Mengamuk Makanan Khas Rengat"

Post a Comment