Macam macam Kuliner Enak Khas Tembilahan Inhil

6 Kuliner Enak Khas Tembilahan
Info Kuliner Pekanbaru Klik Disini

Nasi Samin Khas Tembilahan | Sumber : http://tembilahanpunyacerita.blogspot.com

Dari Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau ,tidak hanya Objek wisatanya yang sangat menarik untuk dibahas, tapi dari segi kulinernya pun jangan sampai ketinggalan, mulai dari cemilan-cemilannya hingga makanan-makanan khas dari tembilahan. Dan berikut kuliner khas Tembilahan yang wajib anda coba:

1.    Laksa
Laksa merupakan makanan yang bentuknya serupa tapi tak sama dengan mie, kalo mie terpisah satu sama lainnya, sedangkan Laksa mienya yang lengket dan menyatu satu sama lain yang menambah mie laksa ini yaitu dari   kuahnya yang sangat khas dan enak. Meskipun Laksa bukan makanan khas dari Tembilahan tetapi makanan khas dari Suku Banjar, tetapi karena Kabupaten Indragiri Hilir ini banyak didominasi oleh Suku Bnajar, maka makanannya pun sudah menjadi makanan khas tembilahan indragiri hilir juga.

2.    Bolu Berendam
Bolu Berendam ini dibuat dengan cara direbus kemudian disajikan dalam keadaan masih basah, karena itulah makanan ini disebut dengan Bolu Berendam. Bolu berendam ini rasanya manis. Pada zaman dulu makanan ini merupakan makanan favorit kerajaan Indragiri hilir. Tetapi sekarang  Bolu berendam ini hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti acara pernikahan, dan acara-acara besar lainnya.

3.    Nasi Samin
Nasi Samin ini hampir sama dengan nasi goreng, namun yang membedakannya adalah dari minyak dan bumbu yang digunakan. kalo nasi goreng biasa itu menggunakan minyak sawit atau minyak kelapa, bumbu yang digunakanya pun sederhana, seperti bawang merah, bawang putih, kecap, sedangkan Nasi Samin menggunakan minyak samin, kemudian rempah-rempah yang digunakannya cukup banyak yaitu ada kayu manis, pala, cengkih. Penggunaan pala dan cengkih bisa menghasilkan warna dan aroma yang khas dari nasinya, itulah yang membedakan nasi samin dengan olahan nasi lainnya.

4.    Tape Hijau
Tapei hijau terbuat dari beras ketan, warna hijau sendiri itu berasal dari sari daun katuk, tapei berwarna hijau ini tidak akan dijumpai di daerah daerah lain, karena tapei hijau sudah menjadi  makanan khas dari  indragiri hilir.

5.    Amplang Udang
Sama dengan tapei hijau, amplang udang juga tidak bisa kita jumpai di daerah-daerah lain. Amplang Udang sendiri itu makanan yang terbuat dari udang dan beberapa bahan lainnya, rasanya yang gurih makanan ini cocok dijadikan sebagai cemilan.

6.    Ayam Merah
Ayam merah ini dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, saus tomat, dan lain-lain, dari penggunaan bumbunya yang cukup banyak yang menjadikan ayam merah ini sangat enak dan sangat difavoritkan oleh warga masayarakat Indragiri hilir. Dan biasanya Ayam Merah ini dihidangkan untuk acara-acara besar seperti hajatan pernikahan, idul fitri, dan acara besar lainnya.

Demikian itulah 6 Kuliner Enak Khas Tembilahan yang wajib anda cicipi, selamat mencoba.

Travel Pekanbaru Rengat Tembilahan, Kuliner Enak di Tembilahan, Kuliner Khas Riau, Kuliner Dumai.
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Macam macam Kuliner Enak Khas Tembilahan Inhil"

Post a Comment