3 Makanan Oleh-Oleh Khas Duri

Makanan Wajib anda bawa ketika berekunjung ke Duri
Inilah Oleh-Oleh Khas Duri

Mendengar kata Duri, pasti langsung fokus pada Retno Hening. Ibuk dari Kirana, si selebgram cilik yang berhati lembut dan disayangi puluhan ribu followers Instagramnya. Ibuk ini memang berasal dari Duri dan sekarang merantau di Muscat. Lupakan sejenak mengenai ibuk dan Kirana, Duri adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Riau, merupakan daerah dengan unsur Melayu yang sangat kental dan oleh-oleh khas Duri yang spesial.


Bagi yang berkunjung ke Duri, jangan lupa untuk membeli beberapa macam penganan khas Duri yang unik, serta tidak akan ditemukan di daerah lain.

Berikut ini adalah 3 oleh-oleh khas Duri yang sayang jika tidak dibawa pulang : 

  1. Bolu Kemojo. Ini adalah kue pertama yang harus dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Dicetak dengan cetakan berbentuk bunga kenanga dan tekstur rasanya legit dan padat di mulut. Variasi rasanya adalah durian, pandan, cokelat dan rasa lain.
  2. Lempuk Durian. Pecinta durian wajib mencoba yang satu ini, sering salah disamakan dengan dodol padahal bahan pembuarnya saja sudah berbeda. Lempuk tidak menggunakan tepung ketan seperti dodol, melainkan daging buah durian dengan menggunakan gula dan sedikit garam. Campuran tersebut lantas diletakkan di atas perapian dan diaduk hingga 4 jam lamanya. Warnanya cokelat, kemudian dikemas dengan upih pelepah pinang yang unik.
  3. Salai Ikan Patin. Siapa yang suka ikan? Baiknya mencoba oleh-oleh khas Duri yang satu ini. Ikan khas Riau ini diasapkan (disalai) untuk membuatnya jadi lebih awet dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu panjang setelah pembeliannya. Cara membuat salai ikan patin cukup mudah, yakni mengasapi ikan patin selama satu hari sampai ikan menjadi kering dan warnanya berubah menjadi cokelat. Walau begitu, jika belum berpengalaman maka proses salai ikan patin bisa gagal dan jauh lebih praktis jika membeli salai ikan patin yang sudah jadi saja.
Info Travel Pekanbaru Duri dan Dumai

Tidak cuma oleh-oleh yang telah disebutkan di atas, ada juga oleh-oleh lainnya yang bisa dicoba. Salah satunya adalah Kue Bangkit, kue yang memiliki tekstur halus nan renyah ini dibentuk seperti bunga (walau banyak juga yang menggunakan cetakan lain).

Kue Bangkit Khas Duri Bengkalis 

Disebut sebagai kue bangkit karena kue ini jadi membesar saat dipanggang di dalam api. Untuk bahannya sendiri terbuat dari tepung tapioka dan bisa juga tepung sagu. Semua itu bisa ditemukan di pusat oleh-oleh khas Duri, bisa didapatkan secara offline saat berkunjung ke Duri, Riau.

Bisa juga membeli langsung dari toko online, apalagi bagi yang tidak sempat untuk datang langsung ke Duri. Berbelanja online sudah tentu jadi pilihan. Lantas, yang mana oleh-oleh khas Duri yang paling anda sukai ?




Kuliner enak Pekanbaru, Cafe di buat Nongkrong di Duri
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "3 Makanan Oleh-Oleh Khas Duri"

Post a Comment