Makanan Oleh-oleh Khas Rengat

Beberapa Makanan Oleh-oleh Khas Rengat

Cemilan Makanan Ringan Khas Daerah Rengat
Makanan Unik dari Rengat

Es Laksamana Mengamuk Minuman Khas Rengat


Beragam jenis oleh-oleh khas Rengat yang bisa kita temui. Beberapa di antaranya termasuk oleh-oleh yang langka dan unik. Misalnya saja, Bolu Berondam yang hanya bisa diperoleh dengan cara dipesan dari sang pembuat. Pasalnya, penganan khas daerah yang berjuluk Kota Raja ini harus dibuat oleh orang yang dalam keadaan suci, tidak boleh marah, mood bagus. Pantangan yang sulit inilah yang membuat oleh-oleh khas ini sangat sulit diperoleh.

Namun, kita tidak usah kuatir, karena masih banyak penganan khas dan unik lainnya yang banyak dijajakan oleh para pedagang di sekitar Kota Rengat. Seperti apa sajakah penganan tersebut?

Rengat adalah ibukota Kabupaten Indragiri Hulu. Nama kota Rengat selalu tak lepas dengan Tembilahan yang menjadi ibukota Kabupaten Indragiri Hilir. Kedua kota tersebut terletak di Provinsi Riau. Kedua kota tersebut dijuluki dengan kota para raja karena kota-kota tersebut tempat bersemayam para raja-raja di bawah kekuasaan Kerajaan Minangkabau.

Pada masa kejayaan kerajaan Minangkabau, kedua kota tersebut menjadi lokasi yang strategis sebagai pelabuhan utama. Sampai sekarang, warisan kerajaan-kerajaan Melayu ini masih bisa kita temui. Salah satunya penganan khas dan uniknya.

Beberapa oleh-oleh khas Rengat, antara lain :

1. Bolu Berondam
Bolu Berondam hanya bisa dijumpai pada saat ada acara pesta adat seperti selamatan, lebaran, dan acara-acara khusus. Kue ini sebenarnya hanya dihidangkan untuk para raja sehingga nilai kesakralannya tinggi. Dalam proses pembuatannya juga tidak sembarangan. Si pembuatnya harus dalam keadaan suci, jiwanya bersih, jauh dari sifat marah, dan hatinya selalu dalam kondisi baik.

2. Dodol Kedondong
Dulu, area Kota Rengat banyak terdapat pohon kedondong. Banyak masyarakat setempat yang mengolah buah kedondong menjadi dodol. Sekarang, dodol kedondong bisa dengan mudah didapatkan sebagai oleh-oleh walau pohon kedondongnya sudah sangat langka.

3. Buah Seroja
Buah Seroja atau buah Lotus atau buah teratai. Buah ini adalah makanan para raja-raja. Kita bisa memperoleh buah seroja yang dijajakan oleh para penjual di sepanjang jalan kota Rengat. Hanya saja, buah ini tak setiap saat tersedia karena buah ini termasuk buah tahunan.

4. Laksamana Mengamuk
Salah satu jenis oleh-oleh khas Rengat yang langsung disantap di tempat. Pasalnya penganan ini adalah minuman segar yang terbuat dari buah kuwini segar, santan, dan gula.

5. Kue Bawang
Kue bawang atau kerupuk bawang. Kerupuk berasa gurih karena salah satu bahan dasarnya berupa bawang. Oleh-oleh ini bisa dibawa pulang karena tahan lama.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Rengat yang bisa Anda santap dan di bawa pulang sebagai cendera mata dari daerah kota para raja di Provinsi Riau. Setelah puas menikmati pesona bangunan kuno bekas kerajaan Minangkabau beserta pemandangan sekitarnya yang memukau, Anda juga terpuaskan dengan suguhan aneka kuliner khas Rengat ini. 

Laksamana Mengamuk Minuman Khas Rengat 
Info Travel Pekanbaru Rengat Tembilahan
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Makanan Oleh-oleh Khas Rengat"

Post a Comment