8 Cara Merawat AC Rumah Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

8 Cara Merawat AC Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak
 
AC telah jadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari. Sayang, sama halnya seperti alat elektronik lain, AC juga bisa rusak terutama apabila tidak dirawat secara baik. Supaya pendingin udara ini bisa tahan lama di rumah, berikut 8 tips perawatan yang bisa kita lakukan.

Lakukan 8 Tips Ini Agar AC Tahan Lama

1. Bersihkan Filter AC
Pembersihan filter ini bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan jasa khusus pembersih filter. Filter yang terlalu kotor akan menghalangi aliran udara keluar masuk. Jika dibiarkan terus, AC akan rusak. Waktu ideal pembersihan filter ialah sekali dalam 1-2 bulan

2. Lakukan Pemeliharaan Rutin
Pemeliharaan AC secara rutin sebaiknya menggunakan jasa servis AC yang telah terlatih. Perawatan ini meliputi pembersihan filter serta pembersihan AC secara menyeluruh. Mesin indoor dan outdoor pada AC split juga akan turut dibersihkan.

3. Pasang Termometer
Pantau kinerja AC tiap hari dengan cara memasang termomter di dalam ruangan yang dipasangi AC. AC yang rusak akan bisa kita deteksi dari suhu udara yang tidak sesuai dengan pengaturan pada remote AC.

4. Tutup Pintu, Jendela dan Ventilasi Saat AC Dinyalakan
Hindari kebiasaan membuka pintu, jendela serta ventilasi ketika AC tengah dalam kondisi menyala. Kebiasaan ini akan membuat kompresor AC bekerja ekstra keras sehingga AC akan mudah rusak.

5. Cek Tekanan Freon
Freon ialah salah satu bahan pendukung guna menentukan dingin tidaknya suatu pendingin ruangan. Jika ada yang bocor, maka tekanan freon akan turun dan AC menjadi tidak dingin atau bahkan mati dengan sendirinya. Pastikan untuk selalu mengecek tekanan freon.

6. Gunakan Fitur Timer
Fitur timer akan mencegah saat kita lupa mematikan AC sehingga AC terus menyala walau tidak ada orang di dalam ruangan. Keberadaan timer sekaligus dapat meringankan kinerja AC karena AC hanya akan bekerja sesuai kebutuhan.

7. Hindari Merokok di Dalam Ruangan Ber-AC
Asap rokok akan dapat membuat AC menjadi cepat rusak.

8. Gunakan AC Sesuai Kebutuhan
Waktu ideal penggunaan AC Ialah selama 5 jam. Setelahnya, AC sudah harus dimatikan.
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "8 Cara Merawat AC Rumah Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak"

Post a Comment