Tips Berkendara Cara Mengukur Jarak Aman Mobil di Depan Kita

JAGA JARAK AMAN ANDA SAAT BERKENDARA
Tips Berkendara Cara Mengukur Jarak Aman 
Mobil di Depan Kita


Saat mengemudikan mobil, sangat penting bagi kita dalam menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan. Terutama saat kita mengemudi ketika turun hujan deras atau pada jalanan yang licin. Jaga jarak adalah hal yang teramat penting untuk dilakukan. Jaga jarak terutama akan dapat mencegah pengemudi dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya tabrakan sebagai akibat dari pengereman mendadak yang dilakukan pengemudi di depannya. Lalu, berapa jarak yang aman ini dan bagaimana cara mengukurnya? Berikut adalah penjelasannya.

Jarak Aman Saat Berkendara dan Cara Mengukurnya

1. Jarak Tiga Detik
Dijelaskan oleh Adrianto Sugiarto Wiyono selaku instruktur IDDC (Indonesia Defensive Driving Center) bahwa jarak aman antar kendaraan di jalan raya adalah tiga detik. Jarak ini, menurut Adrianto, akan memberi ruang aman saat terjadi pengereman. Akan tetapi ketika kita berkendara di musim hujan, maka jaga jarak yang aman di antara dua kendaraan ini disarankan lebih dari tiga detik. Alasannya adalah faktor kondisi jalanan serta faktor visibilitas pengendara yang terbatas.

2. Cara Mengukur Jarak Aman Tiga Detik
Lebih lanjut kata Adrianto, dirinya memberi contoh seorang pengemudi yang tengah melaju konstan menggunakan mobil berkecepatan 60 km per jam. Mobil kemudian melewati objek seperti tiang lampu. Patokan tiang bukan pada bagian tengah mobil melainkan ujung belakang mobil. Saat tiang berada di bagian belakang bagian mobil, maka pengemudi yang ada di belakangnya harus mulai memperkirakan waktu tempuh guna melewati tiang yang telah dilewati pengemudi di depan. Apabila pengemudi melewati tiang dalam rentang waktu tiga detik atau lebih setelah pengemudi yang ada di depannya, maka itulah jarak aman yang terbentuk dengan kecepatan 60 km per jam.

3. Penjelasan Jaga Jarak Aman Tiga Detik
Detik pertama akan digunakan sebagai antisipasi waktu respons pengemudi, sehingga ketika pengemudi melihat ada kendaraan di depan melambat ataupun berhenti, maka detik pertama akan memberi jeda waktu agar pengemudi merespons serta melakukan pengereman. Detik kedua akan memberi waktu bagi sistem mekanisme rem guna meresposn perintah pengemudi. Detik ketiga ialah waktu yang memberi jarak aman dengan kendaraan di depan saat dilakukan pengereman.
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "Tips Berkendara Cara Mengukur Jarak Aman Mobil di Depan Kita"

Post a Comment