5 Cenderamata Khas Riau di Pekanbaru


5 Cenderamata Khas Riau di Pekanbaru

jika sudah berkunjung ke riau khususnya di pekanbaru rasanya belum lengkap kalau tidak membawa pulang oleh - oleh dan cenderamata khas riau. sahabat traveler bingung apa yang cocok dijadikan buah tangan dari kota pekanbaru ?

ada banyak cenderamata khas pekanbaru yang bisa sahabat traveler jadikan oleh - oleh untuk di bawa pulang loh, yuk cek rekomendasi cenderamata khas riau berikut ini : 

1. kain tenun khas riau 
Hasil gambar untuk kain tenun khas riau  Cenderamata berupa kain tenun khas Riau dapat ditemukan di Rumah Tenun, lokasinya berada di Kampung Bandar, Senapelan, PekanbaruTempat produksi tenun ini dibangun pada tahun 1887 oleh H. Yahya, seorang tauke getah ternama pada masa itu. Dulu, masa awal perang kemerdekaan, Rumah Tenun dijadikan sebagai gudang logistik dan dapur umum para pejuang.Bahan yang digunakan juga bahan baku khusus, yakni benang impor dari Singapura. Harga kain tenun yang dijual bervariasi. Kain dengan ukuran 2 meter dijual dengan harga Rp700.000 hingga jutaan rupiah. Di sini juga ada selendang tenun cantik yang dapat dibeli seharga Rp50.000.sahabat traveler yang berminat membeli tenun atau melihat proses pembuatan tenun secara langsung, bahkan ingin belajar bertenun, silakan kunjungi Rumah Tenun Kampung Bandar. Rumah ini dibuka setiap hari untuk pengunjung. Hasil gambar untuk rumah tenun kampung bandar


























































2. Batik Bono
Hasil gambar untuk BATIK BONO KHAS RIAU

Provinsi Riau memiliki kain batik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satu produsen batik tersebut adalah Rumah Batik Andalan. Rumah Batik Andalan merupakan unit usaha binaan Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Berlokasi di Pelalawan, Rumah Batik Andalan menawarkan kain batik dengan berbagai motif dan warna.

Dibuat dengan proses manual, yakni batik cap dan batik tulis. Produksi batik di Rumah Batik Andalan ini memiliki keunikan tersendiri, karena motif-motif yang dihasilkan pun mengadaptasi berbagai hal yang ada di Provinsi Riau. Ada motif pucuk rebung, motif bolu kemojo, lalu kekayaan flora dan fauna pun tak luput untuk dijadikan motif batik seperti akasia dan teratai.

Kain batik cap dijual mulai dari Rp200.000 sampai Rp300.000 per potong. Sedangkan kain batik tulis dijual mulai dari Rp350.000 sampai Rp500.000 per potong. Selain itu, Rumah Batik Andalan juga menerima pesanan kain batik dengan motif khusus yang bisa disesuaikan dengan keininan pemesan.

Bagi sahabat traveler yang berminat membeli batik khas Riau ini bisa langsung mengunjungi Kompleks BPPUT, Townsite 2 PT RAPP, Pangkalan Kerinci, Pelalawan. sahabat traveler bahkan bisa ketemu langsung dan mencoba membatik! Tapi kalau sudah ga keburu, bisa juga beli batiknya di Hotel Sri Indrayani, Jalan Sam Ratulangi, Pekanbaru.

3. miniatur 

Cenderamata berupa miniatur kota Pekanbaru atau ikon khas melayu dapat ditemukan berupa tempat pena, piring berukir, gantungan kunci, lonceng, diorama mini, dll. Miniatur yang dijual antara lain Tugu Zapin, Perahu Lancang Kuning, Pakaian Adat Melayu, Keris Melayu, dll.
sahabat traveler bisa menemukannya di pasar bawah pekanbaru

Hasil gambar untuk cenderamata mainan kunci khas riau 

4. Kaos Pekanbaru

Biasanya kalau mendatangi suatu kota, akan ada toko yang menjual kaos dan aksesoris bertuliskan kota tersebut. Tentu saja Pekanbaru juga menyediakan souvenir ready to wear.

Aneka t-shirt, kemeja, topi, dan atribut lainnya bertuliskan Pekanbaru dengan desain menarik dapat dijumpai di Pasar Bawah. Ada banyak jenis kualitas kaos yang ditawarkan. Paling murah mulai dari Rp100.000/4 buah. 

Gambar terkait 

5.  Pakaian adat melayu
  
Membeli pakaian adat melayu menjadi salah satu rekomendasi kami untuk cenderamata. Untuk pakaian wanita, terdapat satu set pakaian melayu. Disini banyak yang menjual berbagai bahan kain. Biasanya kain atasan polos dipadu dengan bawahan dan selendang berupa songket atau tenun.

Pembeli bisa menyesuaikan ukuran dan juga bebas berkreasi. Harga mulai Rp100.000 untuk sepasang atas bawah. Semakin mewah harganya semakin naik bisa sampai jutaan
sahabat traveler bisa mendapatkan pakaian adat melayu ini di pasar bawah lantai 1
Gambar terkait 


 nah, setelah membaca pembahasan di atas, apakah sahabat traveler tertarik untuk membawa pulang cenderamata khas riau ini?
 semoga bisa menjadi referensi baru ya sahabat traveler.
 
Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "5 Cenderamata Khas Riau di Pekanbaru"

Post a Comment