4 Oleh-oleh Khas Bengkulu Yang Paling Banyak Diminati

 Kota Bengkulu adalah Ibu Kota Provinsi Bengkulu, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatra setelah Kota Padang, Kota ini memiliki beragam destinasi wisata yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi. Oleh karena itu tak heran jika ada banyak wisatawan yang selalu datang ke Bengkulu untuk sekedar merasakan pesona alamnya.

Dalam sektor wisata Bengkulu selama ini terkenal memiliki salah satu daya pikat yang kuat yakni keberadaan bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldi yang membuat banyak orang penasaran. Selain memiliki daya pikat bunga bangkai Bengkulu juga memiliki kuliner dan oleh-oleh khas Bengkulu yang patut untuk diburu. Sangat disayangkan jika sudah jauh-jauh ke kota Bengkulu tapi tidak membawa oleh-oleh apapun untuk kerabat di rumah. Oleh karena itu berikuti ini TravelPekanbaru.com akan merekomendasi beberapa oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib untuk dibawa pulang, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Manisan Terong

Sumber gambar : Tokopedia

Salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang satu ini sangat menarik ialah Manisan Terong. Jika biasanya Terong diolah dengan digoreng atau disayur, masyarakat Bengkulu mengolahnya menjadi manisan, Dibuat dari olahan terong ungu degan gula pasir yang memiliki rasa bak kurma. Pengolahan manisan terong ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga tak heran jika jajanan khas Bengkulu yang satu ini memiliki daya tahan sampai 3 minggu lamanya. Sehingga sangat rekomendasi untuk dijadikan oleh-oleh bagi Anda yang mengunjungi Bengkulu dan harganya pun sangat terjangkau yaitu hanya Rp 8.000 saja per kemasannya.

2. Kue Perut Punai
Sumber gambar : Bukalapak


Satu lagi kue kering goreng khas Provinsi Bengkulu yakni kue perut punai yang bentuknya unik dan namanya juga unik. Kue ini masih termasuk jenis kue kering tepung beras yang digoreng. Kue ini sangat menarik dan cocok untuk menjadi buah tangan tau oleh-oleh dari kota Bengkulu walaupun mirip dengan bentuk kue perut ayam khas Jawa. Perbedaannya kue perut punai ukurannya lebih kecil atau mini sedangkan kue perut ayam ukurannya lebih besar sehingga cocok menjadi cemilan dan harganya pun sangat terjangkau yaitu hanya Rp 10.000 saja per bungkusnya.

3. Kue Tat
Sumber gambar : Suara.com


Kue tat juga merupakan salah satu kuliner khas bengkulu yang bentuknya menyerupai bolu dan mirip seperti kue mirip pai yang di isi dengan selai nanas. Dahulu ini merupakan sajian yang cukup elit lantaran disuguhkan kepada para Raja Bengkulu. Namun sekarang ini sudah menjadi kuliner yang seringkali dijadikan oleh-oleh orang yang berkunjung ke Bengkulu. Meskipun Kue Tat lebih cocok dijadikan sebagai sajian di Hari Raya Idul Fitri namun tak ada salahnya jika Anda membelinya juga untuk oleh-oleh. Harga dari Kue Tat hanya berkisar Rp 20.000 an saja.

4. Lempuk Durian
Sumber gambar : Jumanto.com


Sebagai pusat penghasil buah durian terbanyak di Indonesia rasanya tak heran jika oleh-oleh khas Bengkulu ada yang terbuat dari durian. Salah satunya adalah Lempuk Durian jajanan kuno yang memiliki bentuk dan tekstur seperti dodol pada umumnya. Hanya saja di Bengkulu dodol ini berbahan dasar dari daging buah durian. Lempuk Durian memiliki cita rasa yang sangat legit serta manis, hal ini mungkin didapatkan dari perpaduan antara gula dengan buah durian yang juga manis tersebut. Nah, untuk itu Anda juga wajib untuk membeli oleh-oleh khas satu ini. harganya cukup murah dan pas di dompet Anda, hanya membutuhkan budget sekitar Rp 25.000-Rp 50.000 Lempuk Durian sudah langsung bisa dinikmati.

Nah, itu tadi rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu paling favorit, jika anda juga berencana liburan ke Bengkulu maka jangan melewatkan untuk berburu buah tangan yang sangat menarik ini.

Layanan Travel Online di Kota Pekanbaru, Infromasi Wisata, Akses Wisata, Kuliner dan Tempat Makan enak di Pekanbaru

0 Response to "4 Oleh-oleh Khas Bengkulu Yang Paling Banyak Diminati"

Post a Comment